Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kenya dan Somalia Tandatangani Perjanjian Tingkatkan Frekuensi Penerbangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 11 Agustus 2023, 01:00 WIB
Kenya dan Somalia Tandatangani Perjanjian Tingkatkan Frekuensi Penerbangan
Representative Image/Net
rmol news logo Dalam rangka meningkatkan frekuensi perjalanan udara antar kedua negara, Kenya dan Somalia secara resmi menandatangani perjanjian layanan penerbangan bilateral, pada Rabu (9/8).

Perjanjian itu diresmikan oleh Menteri Transportasi dan Penerbangan Sipil Somalia, Fardowsa Osman Egal, dan Kementerian Jalan, Transportasi, dan Pekerjaan Umum Kenya, Kipchumba Murkomen.

Menurut pernyataan resmi Menteri Murkomen, perjanjian tersebut dapat memungkinkan maskapai penerbangan yang ditunjuk kedua negara untuk beroperasi hingga tujuh penerbangan penumpang setiap minggunya dengan mengikuti rute yang telah ditentukan.

"Maskapai penerbangan yang telah ditunjuk dari kedua negara juga memiliki kemungkinan untuk menjalin kesepakatan kerja sama dengan maskapai dari negara ketiga, asalkan langkah ini sejalan dengan peraturan lalu lintas udara yang ada," jelas Murkomen, seperti dimuat All Africa, Kamis (10/8).

Hal tersebut diharapkan dapat memberikan lebih banyak pilihan dan fleksibilitas bagi para penumpang yang bepergian antara Kenya dan Somalia.

Di samping itu, di bawah perjanjian tersebut sektor penerbangan kargo juga akan diuntungkan dengan operasi yang lebih bebas tanpa batasan frekuensi.

Sebelum kedua negara menyepakati perjanjian layanan udaranya ini, proses tersebut harus melalui perjalanan panjang yang dimulai sejak Maret lalu di Nairobi.

Sejauh ini, hubungan antar kedua negara terus ditingkatkan, dengan Somalia sendiri telah menjadi pasar yang semakin berkembang bagi ekspor Kenya. Data dari Bank Sentral Kenya mencatat bahwa dalam lima bulan pertama tahun ini, Nairobi telah berhasil mengekspor barang senilai 64 juta dolar AS (Rp 970 miliar) ke Somalia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA