Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Junta Tuduh Prancis Langgar Batas Wilayah Udara Niger

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 11 Agustus 2023, 00:07 WIB
Junta Tuduh Prancis Langgar Batas Wilayah Udara Niger
Pemimpin kudeta Niger, Jenderal Abdourahmane Tchiani/Net
rmol news logo Pesawat Prancis dituduh telah melanggar wilayah udara Niger dan memiliki niat buruk untuk menghancurkan salah satu negara di Afrika Barat itu.

Begitu yang disampaikan Juru Bicara junta Niger, Amadou Abdramane, dalam tayangan televisi nasional, seperti dikutip dari Daily Trust, Kamis (10/8).

Abdramane mengatakan, Prancis secara sengaja menerbangkan pesawatnya di wilayah udara Niger untuk menciptakan krisis keamanan.

"Sebuah pesawat Prancis telah melanggar wilayah udara Niger. Mereka berusaha membuat warga kami resah," kata Abdramane.

Selain itu, kata jubir, Prancis juga disebut telah membebaskan 16 teroris yang dipenjara dan mengirimkan mereka untuk menyerang Garda Nasional Niger di wilayah Tillaberi yang berbatasan dengan Mali, Burkina Faso, dan Benin.

Tuduhan itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan kawasan akibat kudeta militer yang membuat Presiden terpilih Niger, Mohamed Bazoum, dicopot dari jabatannya.

Junta, yang baru-baru ini menunjuk perdana menteri transisi, sangat ingin menegaskan otoritasnya dan berjanji untuk memastikan Niger tetap stabil meskipun telah mengalami kudeta.

Sementara Prancis, pengaruhnya di Niger semakin menurun sejak kudeta meletus. Serangkaian perjanjian militer telah dicabut dan warganya terpaksa dievakuasi setelah Kedutaan Prancis di Niamey mendapat serangan dari pendukung junta. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA