Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bendung Pengaruh China, Biden Segera Kunjungi Vietnam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 10 Agustus 2023, 00:37 WIB
Bendung Pengaruh China, Biden Segera Kunjungi Vietnam
Presiden Amerika Serikat, Joe Biden/Net
rmol news logo Kunjungan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden ke Vietnam akan segera di jadwalkan menyusul perkembangan hubungan diplomatik yang semakin membaik antara kedua negara.

Dalam pidatonya di New Mexico, Biden mengungkap rencananya untuk mengunjungi ke Vietnam dalam waktu cepat karena melihat sinyal positif yang ditunjukkan.

"Saya akan segera pergi ke Vietnam karena mereka ingin mengubah hubungan kita menjadi mitra yang lebih dekat," kata Biden, seperti dikutip dari Reuters pada Rabu (9/8).

Selain untuk memperkuat hubungan, kunjungan Biden juga merupakan bagian dari upaya AS melawan pengaruh China di Laut China Selatan.

"Kami memiliki kesempatan untuk mengubah dinamika ini," tegasnya.

AS dan Vietnam memiliki hubungan perdagangan yang semakin erat. Keduanya memiliki kekhawatiran yang sama tentang perkembangan kekuatan Beijing di kawasan.

Pemerintah Vietnam sendiri berkonflik dengan China karena klaim maritim di Laut China Selatan.

Pada April lalu, Vietnam dan AS berjanji untuk meningkatkan hubungan diplomatik ketika Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken singgah ke Hanoi sebelum pergi ke Jepang untuk hadir dalam pertemuan G7. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA