Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Junta Niger Tunjuk Perdana Menteri Transisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Selasa, 08 Agustus 2023, 10:21 WIB
Junta Niger Tunjuk Perdana Menteri Transisi
Junta Niger/Net
rmol news logo Junta Niger telah menunjuk seorang perdana menteri transisi, lebih dari sepekan usai kudeta militer dilakukan untuk menggulingkan pemerintahan Presiden Mohamed Bazoum.

Pemerintah sementara, yang menyebut dirinya Dewan Nasional untuk Perlindungan Negara, menunjuk ekonom Ali Mahamane Lamine Zeine sebagai PM transisi.

Hal itu tertuang dalam dekrit pemimpin junta, Jenderal Abdourahmane Tchiani, yang dibacakan di televisi nasional pada Senin (7/8), seperti dimuat Anadolu Agency.

Zeine, 58 tahun, menjabat sebagai menteri keuangan di bawah Mamadou Tandja, yang memimpin negara itu dari 1999 hingga 2010 setelah kembali ke pemerintahan sipil.

Zeine saat ini menjabat sebagai Country Manager Bank Pembangunan Afrika untuk Chad.

Zeine, yang sebelumnya menjabat di lembaga dan posisi yang sama di Pantai Gading dan Gabon, diharapkan memimpin konsultasi pembentukan pemerintahan baru.

Sementara itu, blok regional Afrika Barat Komunitas Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat (ECOWAS) akan mengadakan pertemuan puncak darurat lainnya pada Kamis (10/8) di Nigeria untuk mengatasi krisis politik di Niger setelah para pemimpin militer mengabaikan ultimatum untuk menyerahkan kekuasaan kembali pada pemerintahan sipil. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA