Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perang Dagang Mereda, China Cabut Tarif Impor Gandum Australia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 04 Agustus 2023, 14:55 WIB
Perang Dagang Mereda, China Cabut Tarif Impor Gandum Australia
Ilustrasi/Net
rmol news logo China dan Australia tengah memperbaiki hubungan yang tegang. Salah satunya dengan China mencabut tarif impor gandum Australia selama perang dagang tiga tahun lalu.

Kementerian Perdagangan China pada Jumat (4/8) mengatakan pihaknya akan mencabut tarif anti-dumping dan anti-subsidi pada impor gandum Australia yang memengaruhi perdagangan miliaran dolar.

"Tarif akan diturunkan mulai hari Sabtu (5/8)," kata Kementerian Perdagangan China, seperti dikutip Reuters.

Keputusan ini mengikuti kesepakatan China dan Australia pada April untuk menyelesaikan perselisihan atas impor gandum. Australia sepakat menangguhkan kasus bea anti-dumping yang diberlakukan China di Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), sementara Beijing berjanji meninjau kembali tarif impornya.

Hubungan China dan Australia memburuk pada 2020, setelah Canberra menyerukan penyelidikan mengenai asal-usul Covid-19 yang memicu perang dagang.

Beijing menerapkan tarif sebesar 80,5 persen untuk gandum Australia pada Mei 2020. Itu mendorong pengaduan resmi oleh Australia ke WTO pada bulan Desember tahun itu.

Sejak saat itu, pembeli China beralih ke Kanada, Prancis, dan Argentina untuk menggantikan pasokan Australia, sementara penjual Australia mengalihkan ekspor ke Timur Tengah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA