Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Temui Junta Mali, Pemimpin Kudeta Niger Siap Boyong Wagner?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 20:16 WIB
Temui Junta Mali, Pemimpin Kudeta Niger Siap Boyong Wagner?
Pemimpin kudeta Niger, Jenderal Salifou Mody mengunjungi Mali/Net
rmol news logo Pemimpin kudeta Niger, Jenderal Salifou Mody melakukan kunjungan ke Mali. Kunjungan ini memicu spekulasi bahwa junta Niger memiliki minat pada kelompok tentara bayaran Wagner Group.

Mody dan delegasi militer Niger dijamu oleh Presiden transisi Mali, Assimi Goita pada Rabu (2/8), seperti yang dilaporkan CNN.

Mody menyebut pertemuan itu bagian dari konteks regional yang kompleks dan berterima kasih kepada otoritas Mali atas dukungan dan pendampingan mereka sejak perebutan kekuasaan oleh Dewan Nasional untuk Perlindungan Tanah Air.

Sementara itu, ratusan kontraktor Wagner ditempatkan di Mali atas undangan junta militer negara itu. Wagner dikerahkan untuk menumpas pemberontak yang terjadi di daerah, di mana perbatasan Mali, Burkina Faso, dan Niger.

Pekan lalu, kepala Wagner, Yevgeny Prigozhin merayakan kudeta di Niger. Ia mengatakan Wagner juga dapat membantu situasi seperti yang terjadi di Niger.

Penggulingan Presiden Niger Bazoum pada pekan lalu membuat khawatir para pemimpin Barat, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Prancis. Keduanya merupakan pemangku kepentingan utama dalam tindakan keras Niger terhadap pemberontakan lokal. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA