Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Chengdu, Indonesia-China Bahas Kerja Sama Investasi Kesehatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 03 Agustus 2023, 17:24 WIB
Di Chengdu, Indonesia-China Bahas Kerja Sama Investasi Kesehatan
Indonesia-China Healthcare and Biotech Investment Forum di Chengdu, Provinsi Sichuan pada 27 Juli 2023/Ist
rmol news logo Kerja sama bilateral antara Indonesia dan China, khususnya dalam sektor kesehatan, mengalami kemajuan yang cukup pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Kerja sama investasi kesehatan menjadi bahasan selama sela-sela kunjungan kerja Presiden RI Joko Widodo ke Chengdu, Provinsi Sichuan, China beberapa waktu lalu.

Hal ini juga dibahas ketika Duta Besar RI untuk China, Djauhari Oratmangun menghadiri Indonesia-China Healthcare and Biotech Investment Forum pada 27 Juli 2023.

Forum diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI, KBRI Beijing, dan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) dengan dukungan dari perusahaan Legend Capital dan Indonesia Chamber of Commerce in China (INACHAM).

Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin menyampaikan sambutan kunci mengenai kebijakan dan perencanaan kesehatan di Indonesia, seperti dikutip dari keterangan KBRI Beijing yang diterima redaksi pada Kamis (3/8).

“Indonesia saat ini berkomitmen untuk memajukan transformasi sistem kesehatan melalui enam pilar transformasi, yaitu primary care, secondary care, ketahanan sistem kesehatan, pembiayaan kesehatan, SDM, dan teknologi kesehatan," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin.

Menurut Dubes Djauhari, kerja sama kesehatan antara Indonesia dan China tidak lagi hanya sebatas pengadaan vaksin, namun telah melampaui hingga sektor manufaktur untuk BBO (Bahan Baku Obat), obat-obatan, vaksin, dan genomik.

Forum ini juga menghadirkan sejumlah pembicara lainnya termasuk Ketua Kadin, Ketua Kadin Komite China, dan perwakilan dari perusahaan-perusahaan kesehatan China, termasuk Legend Capital dan BGI group.

Selain diskusi panel mengenai prospek kerja sama bilateral untuk sektor kesehatan, forum juga diisi dengan acara seremoni penandatangan beberapa kesepakatan yang disaksikan oleh Menteri Kesehatan, Dubes RI dan Ketua KADIN.

Kesepakatan tersebut yaitu rencana aksi (Joint Action Plan) antara Kementerian Kesehatan RI dengan Kementerian Sains dan Teknologi China (diwakili oleh Tsinghua University) untuk kerja sama pengembangan vaksin dan genomik.

Di samping itu juga ada sembilan nota kesepahaman (MoU) bisnis kerja sama sektor swasta dan BUMN dengan total potensi nilai mencapai 1,5 miliar dolar AS. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA