Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Populasi Usia Kerja Meningkat, Selandia Baru Catat Lonjakan Angka Pengangguran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 02 Agustus 2023, 08:27 WIB
Populasi Usia Kerja Meningkat, Selandia Baru Catat Lonjakan Angka Pengangguran
Ilustrasi/Net
rmol news logo Angka pengangguran di Selandia Baru bertambah seiring dengan ekonomi negara itu yang tenggelam dalam resesi.

Reuters pada Rabu (2/8) mengatakan, tingkat pengangguran naik pada kuartal kedua dari kuartal sebelumnya karena saat ini lebih banyak orang memasuki angkatan kerja dan inflasi upah turun dari level tertinggi selama tiga dekade.

Statistik Selandia Baru mengatakan hingga Juni 2023, populasi usia kerja meningkat sebesar 91.000.

Selandia Baru telah mengalami migrasi yang kuat dalam 12 bulan terakhir setelah membuka kembali perbatasannya setelah Covid-19. Namun, data Statistik Selandia Baru mengatakan baru-baru ini sebagian besar pertumbuhan populasi usia kerja justru berasal dari mereka yang berada di Selandia Baru.

Upah minimum Selandia Baru naik pada bulan April tetapi Statistik Selandia Baru mengatakan ini hanya menyumbang proporsi kenaikan gaji yang relatif kecil secara keseluruhan, dengan sebagian besar responden mengutip faktor-faktor seperti biaya hidup, tarif pasar yang sesuai dan mempertahankan staf sebagai alasan untuk menaikkan upah.

Pasar tenaga kerja yang ketat telah memicu tekanan harga karena pemberi kerja menaikkan tingkat gaji untuk mempertahankan pekerja. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA