Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Umar Hadi: Informasi Tidak Turun dari Langit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 01 Agustus 2023, 16:06 WIB
rmol news logo Di tengah arus informasi yang sangat cepat dan dinamis, informasi dibuat oleh para penciptanya untuk kepentingan pembuatnya.

Begitu yang disampaikan mantan Dubes RI untuk Korea Selatan yang kini menjabat sebagai Direktur Jenderal Amerika Eropa Kemlu RI, Umar Hadi, yang mengutip pandangan dari buku "Soft Power" karya Joseph Nye Junior.

Dalam sambutan di acara peluncuran dua buku, "Perdamaian yang Buruk, Perang yang Baik" dan "Buldozer dari Palestina" karya CEO RMOL Network, Teguh Santosa, di Jaya Suprana School of Performing Arts di Mall of Indonesia, Kelapa Gading, Jakarta, pada Minggu (30/7), Umar Hadi menggarisbawahi bahwa informasi tidak hanya muncul begitu saja.

"Informasi itu tidak turun dari langit, selalu ada yang menciptakan dan membuat, yang digunakan untuk melayani kepentingan pembuatnya," ujarnya.

Dirjen Amerop itu menyoroti betapa cepatnya proses pembuatan informasi saat ini, yang menjadi tantangan besar bagi para jurnalis di seluruh dunia karena munculnya berita-berita palsu dan informasi yang tidak diverifikasi dengan baik.

Dalam kesempatan tersebut, Umar Hadi menggambarkan Teguh Santosa sebagai salah satu jurnalis intelektual yang berusaha menyampaikan informasi akurat dan sudut pandang baru dari para diplomat melalui karyanya.

Ia menyanjung kualitas buku yang berisi sejumlah wawancara Teguh dengan duta besar dari negara sahabat di Jakarta, yang telah membuka wawasan tentang berbagai isu internasional.

Menurutnya, wawancara dalam kedua buku tersebut telah dilakukan dengan sempurna oleh CEO RMOL Networks sekaligus Ketua Umum JMSI dan juga seorang aktivis serta pemimpin yang baik.

"Saya dapat memberitahu Anda, karena saya sudah mengenal Teguh sejak kami masih kuliah, dia lebih baik dari sekedar intelektual. Dia juga seorang aktivis, dan pemimpin," sanjungnya.

Acara peluncuran dua buku tersebut menjadi momen penting dalam memahami peran jurnalis, serta pentingnya sumber berita yang akurat dan berintegritas untuk menghadirkan berbagai macam sudut pandang, seperti yang dilakukan Teguh Santosa dalam kedua bukunya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA