Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ratusan Paus Pilot Terdampar di Pantai Australia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 26 Juli 2023, 15:36 WIB
Ratusan Paus Pilot Terdampar di Pantai Australia
Paus Pilot/Net
rmol news logo Hampir seratus paus pilot dilaporkan terdampar di Pantai Cheynes, Australia Barat pada Selasa (25/7). Temuan ini mengundang keprihatinan dari para ahli.

Menurut pihak berwenang, sekitar setengah dari paus yang ditemukan tewas pada Rabu pagi (26/7), meskipun berbagai upaya telah dilakukan.

Peristiwa tragis ini dimulai ketika kawanan paus pilot bersirip panjang berenang mendekat ke Pantai Cheynes. Lusinan paus itu kemudian terdampar di garis pantai yang menimbulkan tantangan besar bagi tim penyelamat.

Departemen Keanekaragaman Hayati, Konservasi, dan Atraksi negara bagian Australia Barat segera merespons kejadian tersebut dengan mendirikan kamp pemantauan untuk memantau kondisi paus.

"Kami menghitung 51 paus mati dalam semalam. Saat ini kami masih memiliki 46 paus yang masih hidup, dan itu akan menjadi fokus hari ini untuk mengembalikan mereka ke air dan mendorong mereka untuk pergi ke perairan yang lebih dalam,” ujar seorang manajer dari departemen tersebut, Peter Hartley.

“Kami optimis bahwa kami akan menyelamatkan sebanyak yang kami bisa,” tambahnya.

Mengutip NZ Herald, tim penyelamat yang terdiri dari para ahli dokter hewan dari Kebun Binatang Perth dan pakar fauna laut, telah dikerahkan sepenuhnya dalam upaya penyelamatan tersebut.

Mereka menggunakan peralatan khusus, termasuk bejana dan gendongan untuk membantu memindahkan paus yang terdampar kembali ke perairan yang lebih dalam.

Tidak hanya para ahli, tetapi juga ribuan sukarelawan dari berbagai latar belakang masyarakat turut membantu.

Paus pilot merupakan salah satu hewan yang bersosial tinggi, dan insiden terdamparnya di pantai ini kemungkinan menjadi indikator stres atau penyakit di antara kawanan tersebut.

Peristiwa ini telah menarik perhatian pakar satwa liar dan masyarakat luas, yang berharap usaha penyelamatan ini dapat membantu meminimalkan dampak negatif pada populasi paus pilot di wilayah ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA