Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Qin Gang Dipecat, Jabatan Menteri Luar Negeri China Kembali Dipegang Wang Yi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 25 Juli 2023, 20:42 WIB
Qin Gang Dipecat, Jabatan Menteri Luar Negeri China Kembali Dipegang Wang Yi
Qin Gang/Net
rmol news logo Teka-teki menghilangnya Menteri Luar Negeri China Qin Gang yang absen dari penampilan publik selama beberapa pekan akhirnya terjawab.

Xinhua melaporkan, Qin, yang baru dilantik kurang dari tujuh bulan dicopot dari jabatannya pada Selasa (25/7) waktu setempat.

Laporan itu tidak memberikan alasan pemecatan Qin, tetapi mengatakan Presiden Xi Jinping menandatangani perintah presiden untuk memberlakukan keputusan tersebut.

"Badan legislatif tinggi China memilih untuk menunjuk Wang Yi sebagai Menteri Luar Negeri," lapor Xinhua.

"Qin Gang dicopot dari jabatan Menteri Luar Negeri," tulis outlet tersebut.

Qin, 57 tahun, dipandang sebagai orang kepercayaan Xi. Banyak analis mengaitkan kenaikannya yang cepat melalui jajaran diplomatik dengan hubungan keduanya.

Qin tidak pernah terlihat di depan umum sejak 25 Juni - ketika dia bertemu dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrey Rudenko di Beijing.

Kementerian telah mengatakan dia tidak bekerja karena alasan kesehatan tetapi tidak memberikan perincian. Hal ini  memicu spekulasi dan menarik perhatian pada kerahasiaan yang sering melingkupi kepemimpinan dan pengambilan keputusan Komunis China. Menghilangnya Xi juga dikaitkan dengan dugaan bahwa ia telah dicopot dari jabatannya atau sedang menjalani penyelidikan resmi.

Tugas Qin akhir-akhir ini diambil alih oleh diplomat top China Wang Yi, yang memimpin kebijakan luar negeri Partai Komunis yang berkuasa dan mengungguli Qin dalam hierarki pemerintahan.

Qin menggantikan Wang sebagai menteri luar negeri pada Desember 2022.

Selain me-reshuffle Menlu, Beijing juga menunjuk Pan Gongsheng sebagai gubernur baru Bank Rakyat China pada Selasa, setelah mencopot Yi Gang dari jabatan gubernur bank sentral. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA