Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu di Sela KTT BRICS, Perwakilan India dan China Bahas Perbatasan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 25 Juli 2023, 17:55 WIB
Bertemu di Sela KTT BRICS, Perwakilan India dan China Bahas Perbatasan
Direktur Kantor Komisi Urusan Luar Negeri Komite Sentral Partai Komunis Tiongkok Wang Yi bersama Penasihat Keamanan Nasional India Ajit Doval di Johannesburg, Afrika Selatan/Net
rmol news logo Pertemuan BRICS di Johannesburg pada Senin (24/7) dimanfaatkan Penasihat Keamanan Nasional India (NSA) Ajit Doval untuk melakukan sesi tatap muka dengan diplomat top China Wang Yi untuk membahas hubungan bilateral.

Kementerian Luar Negeri India mengatakan pada Selasa (25/7) bahwa NSA menyampaikan situasi di sepanjang Garis Kontak di Sektor Barat perbatasan India-China, yang sejak tahun 2020 telah mengikis kepercayaan strategis dan basis publik dan politik.

"Dalam pertemuan itu, NSA menekankan pentingnya upaya berkelanjutan untuk sepenuhnya menyelesaikan situasi dan memulihkan perdamaian dan ketenangan di daerah perbatasan, sehingga dapat menghilangkan hambatan normalisasi hubungan bilateral," kata Kemenlu India, seperti dimuat The National.

"Kedua belah pihak sepakat bahwa hubungan bilateral India-Tiongkok penting, tidak hanya bagi kedua negara tetapi juga bagi kawasan dan dunia," lanjutnya.

Sementara itu Wang menyerukan agar kebijakan konkret diterapkan untuk menstabilkan hubungan China-India

"Kedua belah pihak harus meningkatkan rasa saling percaya strategis, fokus pada konsensus dan kerja sama, mengatasi hambatan, dan mengembalikan hubungan bilateral ke pembangunan yang sehat dan stabil secepat mungkin," kata Wang.

Dia juga menekankan bahwa China tidak akan pernah mencari hegemoni, dan siap untuk bekerja dengan negara-negara berkembang, termasuk India. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA