Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Usai Dikritik, Presiden Zelensky Pecat Duta Besar Ukraina untuk Inggris

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Jumat, 21 Juli 2023, 19:25 WIB
Usai Dikritik, Presiden Zelensky Pecat Duta Besar Ukraina untuk Inggris
Duta Besar Ukraina untuk Inggris Vadym Prystaiko/Net
rmol news logo Pemimpin Ukraina, Volodymyr Zelensky, memecat duta besar negaranya untuk Inggris, Vadym Prystaiko, setelah ia mengkritik tanggapan Zelensky terhadap bantuan militer Inggris.

Pada Jumat (21/7), presiden negara itu telah menandatangani keputusan untuk memberhentikan Prystaiko tanpa memberikan alasan.

Berdasarkan laporan dari Malaymail, ketegangan itu bermula saat Menteri Pertahanan Inggris, Ben Wallace, mengatakan bahwa negaranya bukanlah layanan pengiriman Amazon untuk senjata ke Ukraina.

Dalam pernyataan tersebut, Menhan Inggris itu kemudian juga memberikan saran kepada Ukraina untuk lebih berterima kasih atas pasokan senjata yang telah diberikan sekutu.

Menanggapi hal tersebut, Zelensky mengatakan bahwa dia tidak tahu lagi bagaimana untuk memperjelas rasa terima kasih Ukraina, dan menambahkan bahwa ia bisa bangun di pagi hari dan mengungkapkan kata-kata terima kasihnya kepada menteri secara pribadi.

Namun, dalam wawancara dengan Sky News, Prystaiko menyayangkan sikap Zelensky tersebut yang terkesan sarkas dalam menanggapi saran dari Menhan Inggris.

"Saya tidak percaya sarkasme ini sehat. Langkah diplomatis harus diambil untuk menjaga kerja sama dengan negara mitra," ujar Prystaiko sambil menekankan perlunya memuluskan hubungan dengan Inggris.

Vadym Prystaiko sendiri merupakan seorang diplomat berpengalaman yang telah menjabat sebagai duta besar Ukraina untuk Inggris Raya sejak Juli 2020. Sebelumnya, ia pernah menjabat sebagai Menteri Luar Negeri Ukraina dari tahun 2019 hingga 2020. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA