Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Beijing, Henry Kissinger Curhat Soal Hubungan Diplomatik dengan Menhan China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 18 Juli 2023, 21:15 WIB
Di Beijing, Henry Kissinger Curhat Soal Hubungan Diplomatik dengan Menhan China
Mantan Menteri Luar Negeri AS, Henry Kissinger/Net
rmol news logo Dikenal sebagai teman dekat China, mantan menteri luar negeri AS, Henry Kissinger, melakukan kunjungan mendadak ke Beijing pada Selasa (18/7).

Kissinger dilaporkan telah bertemu dengan Menteri Pertahanan China, Li Shangfu, dan melakukan pembicaraan terkait perkembangan hubungan diplomatik kedua negara.

Menhan Li menekankan bahwa China berkomitmen untuk membangun hubungan yang stabil dan konstruktif dengan AS.

Tetapi, menurut Li, beberapa orang di pihak AS memiliki kebijakan yang berlawanan dengan pemerintah China. Itulah alasan mengapa hubungan diplomatik kedua negara mencapai titik terendah dalam beberapa dekade terakhir.

"Kami berharap AS mau bekerjasama dengan China untuk mengimplementasikan konsensus yang dicapai bersama, dalam mempromosikan pembangunan militer yang sehat dan stabil antar kedua negara," tegas Li, seperti dimuat US News.

Sementara itu, Kissinger mengatakan baik AS maupun China tidak bisa saling bermusuhan, itu terbukti dari sejarah dan praktiknya. Oleh sebab itu, ia mendorong agar kedua negara bekerja sama menghapus kesalahpahaman.

"Amerika Serikat dan China harus menghilangkan kesalahpahaman, hidup berdampingan secara damai dan menghindari konfrontasi," ujarnya.

Kissinger yang berusia 100 tahun, pernah menjabat sebagai menteri luar negeri dan penasihat keamanan nasional AS dalam administrasi kepresidenan Richard Nixon dan Gerald Ford.

Dia memainkan peran diplomatik penting dalam normalisasi hubungan antara Washington dan Beijing pada 1970-an, sehingga kerap dikenal sebagai teman China. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA