Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tidak Terlihat Selama Tiga Pekan, Keberadaan Menlu China Qin Gang Dipertanyakan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Juli 2023, 20:23 WIB
Tidak Terlihat Selama Tiga Pekan, Keberadaan Menlu China Qin Gang Dipertanyakan
Menteri Luar Negeri China Qin Gang/Net
rmol news logo Keberadaan Menteri Luar Negeri China Qin Gang yang tidak terlihat di depan umum selama tiga minggu mulai memicu berbagai spekulasi liar tentang apa yang terjadi kepadanya.

Qin, 57 tahun, tidak terlihat di depan umum sejak 25 Juni, setelah dia bertemu dengan pejabat dari Sri Lanka, Vietnam, dan Rusia, di Beijing.

Dalam penampilan publik terakhirnya, Qin yang tersenyum terlihat berjalan berdampingan dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Andrey Rudenko, yang terbang ke Beijing untuk bertemu dengan pejabat China setelah pemberontakan singkat oleh kelompok tentara bayaran Wagner di Rusia.

"Mengingat status dan pengaruh China di dunia, sungguh sangat aneh bahwa menteri luar negerinya tidak muncul di depan umum selama lebih dari 20 hari," kata Deng Yuwen, mantan editor surat kabar Partai Komunis yang kini tinggal di AS, seperti dikutip dari Associated Press, Selasa (18/7).

Ketika ditanya tentang ketidakhadiran Qin yang berkepanjangan pada jumpa pers Senin, seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan dia tidak memiliki informasi untuk diberikan, menambahkan bahwa kegiatan diplomatik China dilakukan seperti biasa.

Ketidakhadiran Qin menjadi semakin mencolok dengan kesibukan aktivitas diplomatik di Beijing dalam beberapa pekan terakhir, termasuk kunjungan pejabat tinggi AS Janet Yellen dan John Kerry.

Qin seharusnya bertemu dengan kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa Josep Borrell awal bulan ini di Beijing, tetapi pertemuan itu diundur setelah China memberi tahu UE bahwa mereka tidak bisa bertemu di tanggal tersebut.

Menurut laporan Reuters, Uni Eropa diberitahu tentang penundaan hanya dua hari sebelum kedatangan Borrell yang dijadwalkan pada 5 Juli 2023.

Qin juga tidak hadir dalam pertemuan tahunan menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) di Indonesia yang dimulai pekan lalu. Sebaliknya, diplomat top China Wang Yi menghadiri pertemuan itu menggantikannya.

Seorang juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan dalam jumpa pers reguler Selasa lalu bahwa Qin tidak dapat menghadiri pertemuan ASEAN karena alasan kesehatan.

Tetapi tanggapan itu hilang dari transkrip resmi pengarahan yang diposting kemudian di situs web kementerian.

Kementerian Luar Negeri China sering mengabaikan konten yang dianggap sensitif dari transkrip pengarahan regulernya.

Alasan kesehatan singkat yang dikutip oleh pihak berwenang, bagaimanapun, telah gagal memadamkan gelombang spekulasi yang sebagian besar tidak berdasar tentang mengapa Qin belum terlihat.

"Desas-desus ini didorong oleh kurangnya transparansi dalam sistem politik China, di mana informasi dijaga ketat dan keputusan penting sebagian besar dibuat secara tertutup," kata Deng, analis yang berbasis di AS.

Di bawah Xi, katanya, keburaman politik ini semakin meningkat, karena ia menindak perbedaan pendapat dan memusatkan kekuasaan di tangannya sendiri.

"Ini adalah masalah rezim totaliter. Rezim totaliter pada dasarnya tidak stabil karena semuanya diputuskan oleh pemimpin tertinggi saja," kata Deng.

"Jika sesuatu yang tidak biasa terjadi pada seorang pejabat senior, orang akan bertanya-tanya apakah hubungan mereka dengan pemimpin puncak memburuk atau apakah itu tanda ketidakstabilan politik," ujarnya.

Sejumlah pejabat senior China telah menghilang dari pandangan publik di masa lalu, hingga beberapa bulan kemudian diungkapkan oleh pengawas disiplin Partai Komunis yang berkuasa bahwa mereka telah ditahan untuk penyelidikan.

Penghilangan mendadak seperti itu telah menjadi ciri umum dalam kampanye anti korupsi Presiden Xi Jinping.

Qin, seorang diplomat karier dan pembantu terpercaya Xi, dipromosikan menjadi menteri luar negeri pada Desember 2022, setelah sempat menjabat sebagai duta besar untuk Amerika Serikat .

Sebagai menteri luar negeri, Qin telah menyampaikan teguran keras terhadap Washington setelah hubungan jatuh ke titik terendah baru setelah balon mata-mata China yang dicurigai ditembak jatuh di AS.

Dia juga memainkan peran kunci dalam upaya selanjutnya oleh kedua belah pihak untuk menstabilkan hubungan yang sulit dan memulihkan komunikasi, termasuk bertemu dengan Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken selama kunjungannya ke Beijing pada pertengahan Juni. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA