Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pentagon Kirim Jet Tempur Tambahan ke Timur Tengah termasuk F-35

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 18 Juli 2023, 06:41 WIB
Pentagon Kirim Jet Tempur Tambahan ke Timur Tengah termasuk F-35
F-35/Net
rmol news logo Amerika Serikat mengirimkan jet tempur tambahan ke Timur Tengah, termasuk F-35. Pentagon dalam keterangannya pada Senin (17/7) mengatakan itu dilakukan untuk mempertahankan kepentingan AS dan memastikan kebebasan navigasi.

Pengumuman tersebut adalah yang terbaru dari serangkaian penguatan postur oleh Washington menyusul peningkatan aktivitas Iran dan Rusia yang dianggap mengancam pasukan AS di wilayah tersebut dan kapal tanker komersial di perairan Teluk.

“Beberapa (jet tempur) sedang dalam perjalanan,” kata wakil sekretaris pers Pentagon, Sabrina Singh, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (18/7).

“Mengingat ancaman berkelanjutan ini (dari Iran) dan dalam koordinasi dengan mitra dan sekutu kami, (Pentagon) meningkatkan kehadiran dan kemampuan kami untuk memantau Selat (Hormuz) dan perairan sekitarnya,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa pengiriman tersebut atas persetujuan Menteri Pertahanan Lloyd Austin dan pejabat senior AS.

Militer AS juga mengerahkan kapal perusak berpeluru kendali ke Timur Tengah selama akhir pekan sebagai tanggapan atas upaya Iran untuk merebut kapal tanker minyak yang meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Pada Jumat, seorang pejabat senior militer AS mengungkapkan bahwa jet tempur A-10 telah melakukan penerbangan di atas Selat Hormuz selama seminggu terakhir dan armada baru F-16 sedang dikirim ke Teluk sebagai tanggapan terhadap Iran.

Awal bulan ini, Iran mencoba merebut dua kapal tanker minyak di dekat Selat Hormuz, melepaskan tembakan ke salah satunya, kata Angkatan Laut AS sebelumnya.

AS juga mengirim armada F-22 Raptor ke Timur Tengah bulan lalu sebagai tanggapan atas perilaku Rusia yang tidak aman dan tidak profesional di langit di atas Suriah. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA