Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Dalam Dua Hari Meksiko Berhasil Cegat Lebih dari 500 Migran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 17 Juli 2023, 23:57 WIB
Dalam Dua Hari Meksiko Berhasil Cegat Lebih dari 500 Migran
Ilustrasi/Net
rmol news logo Upaya pengamanan di perbatasan Meksiko semakin ketat. Dalam dua hari petugas keamanan setempat menangkap ratusan migran ilegal yang berupaya menyeberang menuju AS.

National Migration Institute (INM) pada Senin (17/7) mengatakan aksi pencegatan migran seluruhnya dilakukan di negara bagian Veracruz.

"Meksiko mencegat lebih dari 500 migran dalam dua hari," bunyi laporan tersebut, seperti dimuat The Star.

Pada Jumat (14/7), Meksiko mencegat 303 migran dalam dua operasi. Pertama, 107 migran tanpa status migrasi reguler, termasuk 20 anak di bawah umur tanpa pendamping, di sebuah trailer traktor setelah menepi di jalan raya.

Kedua, 196 migran termasuk 19 anak di bawah umur tanpa pendamping dalam sebuah trailer di jalan dekat kota Fortin de las Flores.

Selanjutnya pada Sabtu (15/7), pihak berwenang menemukan 206 migran terlantar di sebuah trailer traktor pada hari Sabtu di kota Puente Nacional, Veracruz.

Dalam beberapa tahun terakhir, aksi penyelundupan migran di perbatasan Meksiko semakin mengkhawatirkan.

Mereka berusaha mencapai Amerika Serikat melalui perbatasan Meksiko, bahkan rela menempuh jalur yang berbahaya untuk sampai ke negara tujuan.

Desember 2021 lalu, 55 orang tewas setelah sebuah truk yang membawa sekitar 166 migran jatuh di negara bagian Chiapas selatan Meksiko.

Juni tahun lalu, 53 migran tewas di sebuah trailer traktor di Texas, sebuah kasus perdagangan manusia paling mematikan yang pernah tercatat di Amerika Serikat. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA