Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tembak Mati Suami Saat Tidur, Wanita Australia Dihukum 24 Tahun Penjara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 14 Juli 2023, 22:17 WIB
Tembak Mati Suami Saat Tidur, Wanita Australia Dihukum 24 Tahun Penjara
Ilustrasi/Net
rmol news logo Pengadilan New South Wales menjatuhkan hukuman penjara selama 24 tahun kepada Dale Lee Vella karena menembak mati suaminya, Mark Anthony Vella, saat sedang tidur.

"Jelas (Dale Vella) membunuh suaminya," kata Hakim Helen Wilson saat menjatuhkan hukuman di Mahkamah Agung NSW pada Jumat (14/7) waktu setempat.

"Mengapa itu terjadi, masih belum diketahui," kata hakim, menekankan bahwa motif masih terus didalami.

9News melaporkan, pasangan itu menjalani hari seperti biasanya sebelum Vella terbunuh pada Agustus 2021.

Di hari nahas itu, Vella dan pasangannya bahkan sempat bersama-sama mengendarai sepeda quad mereka untuk menemukan anjingnya yang hilang.

Mereka kemudian menumpuk kayu bakar di dalam rumah dan makan malam bersama teman mereka David Borg dan putrinya, Georgia.

Ketika malam tiba dan saat semua orang tertidur, Dale Vella tiba-tiba menodongkan pistol ke mata kanan suaminya yang sudah tertidur. Dale kemudian menembaknya dari jarak dekat.  Mark Anthony meninggal seketika.

Borg terbangun saat mendengar ledakan keras yang disusul dengan ketukan di pintu kamarnya.

Dale Vella menyuruh Borg memanggil ambulans, seraya berkata bahwa sebenarnya ia ingin mengakhiri hidupnya sendiri tetapi tanpa diduga malah menembak suaminya. Borg lalu memanggil ambulans dan membangunkan putrinya.

Pengacara terdakwa, Greg Hoare memberi tahu hakim Mahkamah Agung untuk memutuskan kliennya tidak bersalah atas pembunuhan, dengan alasan dia memiliki gangguan mental yang substansial pada saat itu.

Dalam sebuah wawancara polisi setelah penangkapannya, Dale Vella mengatakan dia telah mengalami pelecehan psikologis selama bertahun-tahun di tangan suaminya.

Dalam sebuah video yang direkam di ponselnya sebelum penembakan dia berkata ke kamera, "Saya tidak bisa hidup seperti ini lagi, saya telah membiarkan dia melecehkan (anak-anak mereka) secara emosional selama bertahun-tahun, saya sudah mencoba pergi, tetapi dia tidak tidak peduli tentang siapa pun kecuali dirinya sendiri".

Klaim tersebut dipatahkan Hakim Wilson.

"Tak satu pun dari anak-anak percaya korban telah melecehkan mereka atau ibu mereka, masing-masing berbicara tentang dia sebagai ayah yang penyayang," kata Wilson pada Jumat.

Anak-anak pasangan itu duduk sambil menangis di belakang pengadilan pada Jumat ketika ibu mereka dijatuhi hukuman.

Dale Vella akan memenuhi syarat untuk mendapat pembebasan bersyarat pada Februari 2039. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA