Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Setelah Janet Yellen, Utusan Khusus Masalah Iklim AS Juga akan Berkunjung ke China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 12 Juli 2023, 14:02 WIB
Setelah Janet Yellen, Utusan Khusus Masalah Iklim AS Juga akan Berkunjung ke China
Utusan khusus Amerika Serikat untuk masalah iklim, John Kerry/Net
rmol news logo Dalam rangka mencegah dampak buruk terhadap perubahan iklim, utusan khusus Amerika Serikat untuk masalah iklim, John Kerry, akan berkunjung ke Beijing pada pekan depan.

Kunjungan ini menandai kehadiran pejabat senior AS terbaru yang melakukan perjalanannya ke Beijing dalam beberapa minggu terakhir, setelah sebelumnya Menteri Keuangan Janet Yellen dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken melakukan kunjungan lebih dulu ke negara itu.

Mengutip Al Arabiya, Rabu (12/7), perjalanan Kerry yang akan dilakukan pada 16-19 Juli ke Beijing ini disebut penting dilakukan untuk mengurangi dampak dari perubahan iklim, mengingat kedua negara merupakan negara dengan emisi karbon dioksida terbesar di dunia.

Pakar iklim pesimis dan tidak berharap banyak dari kunjungan Kerry untuk negosiasi iklim ini karena ketegangan politik yang berlangsung antar kedua negara itu. Namun, mereka tetap melihat adanya indikasi  potensi kerja sama dalam isu pengurangan emisi metana, yang merupakan gas rumah kaca yang sangat kuat.

"Pertama dan terpenting, kunjungan ini sangatlah penting. Saya pikir penting bahwa ada agenda positif yang muncul dari pertemuan ini, walaupun itu hanya kesepakatan untuk terus melanjutkan dialog," kata seorang pakar kebijakan iklim China di Universitas Georgetown, Joanna Lewis, dalam  webinar tentang kerja sama iklim antara AS dan China.

Kerry tengah berusaha menjaga isu perubahan iklim terpisah dari ketegangan diplomatik yang lebih luas antara kedua negara, namun pembicaraan formal mengenai isu tersebut dikabarkan pernah terhenti sejak Agustus tahun lalu, setelah kunjungan Ketua DPR AS Nancy Pelosi ke Taiwan, yang telah menyebabkan ketegangan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA