Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Biden Akui Terpaksa Kirim Bom Tandan karena Ukraina Kehabisan Amunisi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 08 Juli 2023, 07:55 WIB
Biden Akui Terpaksa Kirim Bom Tandan karena Ukraina Kehabisan Amunisi
AS memiliki stok besar munisi tandan yang dikembangkannya selama Perang Dingin/Net
rmol news logo Amerika Serikat terus meningkatkan bantuan militer untuk Ukraina dalam perangnya melawan Rusia, termasuk mengirim munisi tandan yang dilarang oleh lebih dari 100 negara, termasuk negara-negara sekutu AS.

Rencana pengiriman senjata terlarang itu dikonfirmasi Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan pada Jumat (7/7) waktu setempat.

"Saya tidak akan berdiri di sini dan mengatakan itu mudah," kata Sullivan kepada wartawan, seperti dikutip dari CNN, Sabtu (8/7).

“Ini keputusan yang sulit. Itu adalah keputusan yang kami tunda. Ini adalah keputusan yang membutuhkan perhatian serius pada potensi bahaya bagi warga sipil," katanya.

"Dan ketika kami menggabungkan semua itu, ada rekomendasi bulat dari tim keamanan nasional, dan Presiden Biden akhirnya memutuskan, dengan berkonsultasi dengan sekutu dan mitra dan dengan berkonsultasi dengan anggota Kongres, untuk melanjutkan strategi ini," lanjut Sullivan.

Sepanjang konflik, AS secara bertahap menyetujui permintaan Kyiv untuk persenjataan yang lebih agresif termasuk sistem Rudal Patriot dan tank modern, tetapi keputusan untuk mengirim munisi tandan menandai momen yang menentukan, dengan administrasi Biden setuju untuk mengirim senjata yang oleh sebagian besar negara dianggap tidak mendapat tempat dalam peperangan modern.

Biden mengatakan dalam sebuah wawancara dengan reporter CNN Fareed Zakaria pada Jumat bahwa mengirim senjata tandan adalah keputusan sulit, tetapi dia akhirnya yakin untuk mengirim senjata kontroversial tersebut karena Kyiv membutuhkan amunisi dalam serangan balasannya melawan Rusia.

“Itu adalah keputusan yang sangat sulit bagi saya. Ngomong-ngomong, saya mendiskusikan ini dengan sekutu kami, saya mendiskusikan ini dengan teman-teman kami di Hill,” kata Biden.

“Orang-orang Ukraina kehabisan amunisi," klaimnya.

Amunisi terbaru akan kompatibel dengan howitzer 155 mm yang disediakan AS, bagian penting dari artileri yang memungkinkan Ukraina memenangkan kembali wilayahnya selama setahun terakhir, menurut Pentagon.  

Colin Kahl, wakil menteri pertahanan untuk kebijakan, mengatakan kepada wartawan pada Jumat bahwa Ukraina sudah memberikan jaminan tertulis bahwa mereka tidak akan menggunakan munisi tandan di daerah perkotaan yang dihuni oleh warga sipil, dan bahwa akan ada pengawasan yang hati-hati. memperhitungkan di mana mereka menggunakan senjata-senjata ini.

Munisi tandan mampu menyebarkan bom di area yang luas yang dapat gagal meledak saat terkena benturan dan dapat menimbulkan risiko jangka panjang bagi siapa saja yang menemukannya, mirip dengan ranjau darat.

Lebih dari 100 negara, termasuk Inggris, Prancis, dan Jerman, telah melarang penggunaan senjata itu berdasarkan Konvensi Munisi Tandan, tetapi AS dan Ukraina bukan penandatangan larangan tersebut.

Menteri pertahanan Jerman Boris Pistorius mengatakan pada Jumat bahwa memberikan amunisi ke Ukraina adalah bukan pilihan untuk Berlin karena mereka adalah penandatangan konvensi tersebut. Namun dia menolak untuk mempertimbangkan keputusan AS untuk melakukannya.

"Negara-negara yang belum menandatangani konvensi - China, Rusia, Ukraina, dan AS - bukan hak saya untuk mengomentari tindakan mereka," katanya.

Para pendukung hak asasi manusia mengutuk langkah tersebut.  

Human Rights Watch mengatakan dalam sebuah laporan pada Kamis bahwa penggunaan senjata-senjata tersebut pasti akan menyebabkan penderitaan jangka panjang bagi warga sipil.

Pejabat Ukraina telah mendorong AS untuk menyediakan amunisi sejak tahun lalu, dengan alasan bahwa mereka akan memberikan lebih banyak amunisi untuk sistem artileri dan roket yang disediakan Barat, dan membantu mempersempit keunggulan numerik Rusia dalam artileri. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA