Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jerman Kembali Dukung Rencana Otonomi Khusus Sahara Maroko

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 07 Juli 2023, 22:13 WIB
Jerman Kembali Dukung Rencana Otonomi Khusus Sahara Maroko
Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock/Net
rmol news logo Dukungan yang tidak tergoyahkan dari Jerman untuk rencana otonomi Maroko kembali diutarakan melalui Menteri Luar Negeri Annalena Baerbock.

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Kerjasama Afrika dan Ekspatriat Maroko Nasser Bourita di Berlin, Baerbock menyatakan bahwa Jerman tetap mendukung solusi damai yang diberikan Maroko.

"Jerman mendukung rencana otonomi Maroko untuk Sahara, yang disajikan pada tahun 2007, sebagai solusi kerajaan yang serius dan kredibel serta diterima oleh para pihak," kata Baerbock, dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi pada Jumat (7/7).

Kedua Menlu juga menyatakan dukunganya pada mekanisme ekslusif  PBB dalam mencarikan jalan keluar yang damai dan abadi bagi konflik wilayah di Sahara Barat.

"Kami menegaskan kembali dukungan lama Jerman untuk PBB dalam memimpin proses untuk solusi politik yang realistis, pragmatis, abadi dan dapat diterima bersama," bunyi pernyataan bersama kedua Menlu.

Dukungan itu ditujukan pada Utusan Pribadi Sekretaris Jenderal PBB, Staffan de Mistura, dan usahanya dalam memajukan proses politik berdasarkan resolusi Dewan Keamanan PBB yang relevan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA