Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kanada akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Terbesar di Dunia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 07 Juli 2023, 08:55 WIB
Kanada akan Bangun Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Terbesar di Dunia
PLTN Bruce Power di Ontario, Kanada/Net
rmol news logo Kanada berencana untuk membangun pembangkit listrik tenaga nuklir (PLTN) terbesar di dunia karena meningkatnya permintaan energi bersih.

Pembangunan ini diinisiasi oleh Bruce Power, yang merupakan kemitraan bisnis Kanada yang terdiri dari beberapa perusahaan.

Pemerintah Ontario pada Rabu (5/7) mengatakan Bruce Power akan melakukan evaluasi lingkungan untuk menambah kapasitas sebanyak 4,8 gigawatt ke pabriknya di sana.

Sejauh ini, provinsi terpadat di Kanada itu memiliki delapan reaktor pembangkit dengan kapasitas sekitar 6,2 gigawatt dan memasok 30 persen kebutuhan daya.

Dimuat Bloomberg, ekspansi tersebut akan membuat lokasi tersebut lebih besar dari pabrik Kashiwazaki-Kariwa Jepang, yang terbesar di dunia dengan tujuh reaktor dan kapasitas lebih dari 8 gigawatt.

“Pembangkit nuklir baru akan sangat penting untuk membangun jaringan bersih di masa depan,” kata Menteri Energi Ontario, Todd Smith.

Pengumuman tersebut muncul di tengah meningkatnya pengakuan bahwa tenaga nuklir bebas karbon kemungkinan akan memainkan peran penting dalam pertempuran global melawan perubahan iklim.

Kanada sedang mengembangkan rencana untuk mengamanatkan jaringan listrik net-zero pada tahun 2035, dan proyek Bruce akan menjadi pembangkit nuklir konvensional pertama di provinsi tersebut dalam tiga dekade.

Utilitas lain di wilayah tersebut, Pembangkit Listrik Ontario, terlibat dalam upaya mengembangkan tipe baru reaktor canggih. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA