Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zelensky Pesimis IAEA Mampu Kendalikan Situasi di PLTN Zaporizhzhia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 06 Juli 2023, 21:52 WIB
Zelensky Pesimis IAEA Mampu Kendalikan Situasi di PLTN Zaporizhzhia
PLTN Zaporizhzhia/Net
rmol news logo Kehadiran pakar Badan Energi Atom Internasional (IAEA)di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir Zaporizhzhia (ZNPP), diragukan efektivitasnya oleh Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky.

Dalam pidatonya, Zelensky mengaku tidak yakin bahwa para pakar yang didatangkan untuk tujuan pengawasan mampu menangani situasi yang tidak menentu di pabrik nuklir tersebut.

"Ada empat inspektur IAEA di pabrik itu. Apa yang bisa dikendalikan empat orang? Pabrik itu menempati wilayah yang luas. Empat orang, meski jujur, mereka tidak bisa mengendalikan apa pun," ujarnya, seperti dimuat TASS pada Kamis (6/7).

Zelensky dalam berbagai kesempatan kerap menuduh Rusia memanfaatkan PLTN Zaporizhzhia yang diduduki untuk melakukan serangan.

Baru-baru ini, Zelensky menuduh pasukan Moskow telah menanam jebakan peledak di atap unit tenaga nuklir.

Kendati demikian, Direktur Jenderal IAEA, Rafael Grossi pada Rabu (5/7), menyatakan bahwa para ahli yang meneliti pabrik nuklir itu tidak menemukan apa yang dilaporkan.

Di sisi lain, Penasihat Direktur Jenderal Perusahaan Rekayasa Tenaga Nuklir Rosenergoatom Rusia, Renat Karchaa menuduh balik Ukraina yang disebutnya akan mencoba menyerang PLTN  Zaporizhzhia.

Menurut Karchaa, Ukraina berencana menjatuhkan bom dengan roket presisi tinggi Tochka-U dengan hulu ledak yang diisi dengan limbah radioaktif. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA