Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Persatuan Selebriti Hollywood Lakukan Aksi Mogok, Tuntut Perbaikan Kompensasi dan Jaminan Keselamatan Kerja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 30 Juni 2023, 07:56 WIB
Persatuan Selebriti Hollywood Lakukan Aksi Mogok, Tuntut Perbaikan Kompensasi dan Jaminan Keselamatan Kerja
Ilustrasi/Net
rmol news logo Apa yang terlihat di televisi tentang kehidupan glamour artis, tidak seluruhnya benar.  

Tidak semua artis kaya raya, dan untuk menjadi bintang yang sukses perlu waktu yang tidak singkat serta kerja keras dan pengorbanan besar.

Hal itu ditegaskan oleh Laz Alonso, yang dikenal karena perannya dalam “The Boys”. Ia menyayangkan anggapan banyak orang tentang "menjadi aktor Hollywood sudah pasti bergelimang harta".  

Berbicara selama mengikuti aksi solidaritas dengan Writer's Guild of America (WGA) yang mogok di luar lot Amazon Studios pada Kamis (29/6), Alonso mengenang hari-harinya sebagai aktor yang bercita-cita tinggi mencoba masuk ke industri dengan anggapan yang terbentuk sebelumnya bahwa semua aktor itu kaya.

Ia memulai debutnya dengan peran-peran kecil dalam film beranggaran rendah yang berarti honornya juga sangat kecil.

"Sangat mudah untuk berpikir semua bintang Hollywood atau siapa pun di Hollywood kaya dan berenang dalam kolam penuh uang. Bukan itu masalahnya," kata Alonso, seperti dikutip dari Reuters, Kamis (29/6).

"Ini adalah industri kerah biru. Dibutuhkan waktu yang sangat, sangat lama bagi kebanyakan orang untuk dianggap bekerja secara konsisten," katanya.

Sejak Juni 2023, barisan aktor dan penulis memilih untuk mogok. Mereka mengajukan peningkatan kompensasi menyusul kontrak serial yang dipersingkat dan pengurangan pekerjaan di era streaming yang  menjadi ancaman serius untuk penghasilan mereka.

Lebih dari 700 anggota SAG, termasuk Meryl Streep dan Jennifer Lawrence, menandatangani surat yang mendesak SAG-AFTRA untuk bergabung dengan WGA jika kesepakatan tidak tercapai.

Negosiasi kontrak saat ini antara SAG-AFTRA dan studio difokuskan pada isu-isu seperti kompensasi, residu, dan keselamatan tempat kerja. Para pelaku menganjurkan upah yang adil dan kondisi kerja yang lebih baik untuk memastikan kesejahteraan finansial dan keamanan kerja mereka.

"Dalam unjuk rasa solidaritas yang kuat, anggota SAG-AFTRA telah memberikan suara 97,91 persen mendukung otorisasi pemogokan menjelang negosiasi Kontrak TV/Teater, dengan hampir 65.000 anggota memberikan suara untuk persentase pemungutan suara sebesar 47,69 persen dari pemilih yang memenuhi syarat," kata serikat pekerja mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Pemungutan suara tidak berarti para aktor benar-benar melakukan pemogokan, tetapi itu memberdayakan dewan serikat untuk melakukan pemogokan jika kesepakatan tidak dapat dicapai. Kontrak saat ini antara SAG-AFTRA dan Aliansi Produser Film dan Televisi (AMPTP) berakhir pada tengah malam tanggal 30 Juni.

Jackie Tohn, yang dikenal karena perannya sebagai Melanie "MelRose" Rosen di serial Netflix "GLOW", mengatakan bahwa banyak orang-orang di luar industri sering salah paham tentang stabilitas keuangan para aktor.

"Banyak yang berpikir bahwa semua artis memiliki banyak uang. Padahal dalam industri hibutan, pasti ada kelas menengah dan itu berarti pasti ada orang yang tidak begitu banyak menghasilkan uang,” katanya.

Ia juga mengenang bagaimana sulitnya memasuki industri hiburan di Hollywood. Setelah berada di dalam industri itu, tidak serta merta menjadi kaya. Banyak yang masih tetap mencari pekerjaan lain untuk menghidupi diri mereka sendiri di antara kesibukan syuting.

Jika jadwal syuting berkurang, artinya keuangan tidak stabil, dan itu berarti harus melakukan pekerjaan lainnya, katanya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA