Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Departemen Kesehatan AS Kena Serangan Hacker Rusia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 29 Juni 2023, 21:11 WIB
Departemen Kesehatan AS Kena Serangan Hacker Rusia
Ilustrasi/Net
rmol news logo Serangan hacker Rusia disinyalir telah menargetkan Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan Amerika Serikat (HHS), setelah beberapa perusaahaan di negara itu menjadi korban.

Mengutip Bloomberg pada Kamis (29/6), kelompok hacker Rusia bernama "Clop" mengumumkan keberhasilan mereka meretas sejumlah perusahaan AS dan berhasil mencuri data.

"Geng ransomware yang dikenal sebagai Clop memposting nama Kirkland & Ellis LLP dan K&L Gates LLP ke situs kebocorannya," ungkap laporan tersebut.

Disebutkan bahwa biasanya pengumuman peretasan semacam itu dilakukan ketika korban dan peretas gagal melakukan proses negosiasi.

Nama HHS memang tidak muncul di antara daftar korban yang diklaim Clop. Tetapi, Clop juga pernah mengaku tidak sengaja mencuri data dari organisasi pemerintah.

"Masih ada kemungkinan bahwa negosiasi Clop dengan HHS masih berjalan," tulis Bloomberg.

Clop baru-baru ini mengumumkan telah memperoleh akses ke banyak data organisasi di AS. Mereka melakukan peretasan melalui MOVEit Transfer, aplikasi manajemen komersial file yang dibuat oleh Progress Software Corp.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA