Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bahas KTT NATO, Presiden Lithuania Temui Zelensky

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Rabu, 28 Juni 2023, 21:52 WIB
Bahas KTT NATO, Presiden Lithuania Temui Zelensky
Presiden Ukraina, Volodymyr Zelensky dan Presiden Lithuania, Gitanas Nauseda dalam pertemuannya di Vilnius pada 2019 lalu/Net
rmol news logo Jelang KTT NATO yang akan diselenggarakan di Lithuania, presiden negara itu, Gitanas Nauseda, berkunjung ke Ukraina untuk menemui Presiden Volodymyr Zelensky pada Rabu (28/6).

Kedatangan Presiden Lithuania ke Kyiv dilakukan setelah adanya peningkatan seruan dari Zelensky yang mendesak agar negaranya menerima undangan politik untuk bergabung dengan NATO, dalam pertemuan puncak anggota aliansi tersebut yang berlangsung pada 11 hingga 12 Juli mendatang di Lithuania.

Menurut keterangan dari Kantor Presiden Lithuania, kedua kepala negara itu akan membahas tentang berbagai hal, khususnya mengenai KTT NATO.

"Kedua presiden akan membahas agenda KTT NATO, negosiasi keanggotaan Ukraina dalam Uni Eropa, dan dukungan Eropa bagi Ukraina," bunyi pernyataan dari Kantor Presiden Lithuania.

Sejauh ini, Lithuania sendiri merupakan salah satu pendukung setia Ukraina yang terus mengupayakan agar negara itu dapat segera bergabung dengan NATO dan Uni Eropa.

Anggota NATO saat ini juga hampir mencapai kesepakatannya mengenai langkah-langkah tambahan untuk memperkuat hubungan mereka dengan Ukraina dalam KTT Vilnius.

Namun, seperti dikutip Alarabiya, masih terdapat perbedaan pendapat untuk dapat menjadikan Ukraina sebagai anggota penuh dari aliansi tersebut.

Akan tetapi dengan adanya pertemuan antara Nauseda dan Zelensky ini, hal itu telah menunjukkan dialog dan kolaborasi yang berkelanjutan antara Lithuania dan Ukraina, dalam upaya mereka untuk memperkuat hubungan Kyiv dengan NATO dan Uni Eropa. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA