Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

HUT Kota Vologda Rusia Dimeriahkan Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 28 Juni 2023, 06:17 WIB
HUT Kota Vologda Rusia Dimeriahkan Pameran Batik dan Pagelaran Budaya Indonesia
Penampilan Tari oleh Grup Kirana Nusantara Dance Binaan KBRI Moskow/Ist
rmol news logo Sebanyak 20 helai kain batik wayang golek dan kerajinan tangan Indonesia menghiasi ruangan di Vologda Regional Art Gallery pada pembukaan pameran “Two Countries: Loyalty to Traditions” di Kota Vologda, Rusia (25/7).

Batik Indonesia tersebut dipamerkan bersama-sama lukisan karya pelukis Rusia Darya Karacheva, Artur Mirzoyan, Alexander, Mark dan Olga Smirnov.

Pameran “Two Countries: Loyalty to Traditions” ini dibuka bersamaan dengan HUT ke-876 Kota Vologda dan akan berakhir pada 16 Juli 2023.

Pameran ini hasil kolaborasi KBRI Moskow, Pemerintah Kota Vologda, Friendship Society with Indonesia, Russian Association for International Cooperation, Art Project Through the Eyes of an Artist, dan museum Susloparov House.

Pembukaan pameran batik juga dimeriahkan penampilan seni budaya Indonesia yang dibawakan 2 penari Kirana Nusantara Dance dengan tarian Mojang Priangan dan tembang Jawa dengan alat musik rebab oleh Tri Koyo dari sanggar gamelan Dadali binaan KBRI Moskow.

"Selain itu kelompok tari Rusia juga menyuguhkan 2 nomor tarian Rusia yang dinamis," kata Wakil Kepala Perwakilan RI di Moskow, Berlian Helmy dalam keterangan tertulisnya kepada redaksi, Rabu (28/6).

Pembukaan dihadiri 60 orang, termasuk pejabat dan jajaran Pemerintah Kota dan Provinsi Vologda, Dutabesar Sri Lanka untuk Rusia, perwakilan Pemerintah Belarus, media dan masyarakat Kota Vologda lainnya yang secara umum memberikan apresiasi tinggi atas pameran batik dan pagelaran budaya Indonesia.

Vologda adalah kota berpenduduk 318 ribu jiwa dengan luas wilayah 116km2 yang berjarak 480km dari Kota Moskow. Vologda merupakan kota sejarah, budaya, dengan ekonomi yang ditopang industri pengolahan dan pembangkit listrik. rmol news logo article
EDITOR: DIKI TRIANTO

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA