Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

China Serukan Pembangunan Perdamaian di Honduras

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 27 Juni 2023, 21:23 WIB
China Serukan Pembangunan Perdamaian di Honduras
Ilustrasi/Net
rmol news logo China melalui perwakilannya di PBB telah meminta Komisi Pembangunan Perdamaian (PBC) untuk memberikan dukungan yang lebih besar kepada Honduras.

Dalam pertemuan tingkat duta besar PBC yang membahas pembangunan perdamaian di Honduras, Wakil Perwakilan Tetap China untuk PBB, Geng Shuang, mengapresiasi langkah-langkah yang telah diambil oleh pemerintahan Presiden Iris Xiomara Castro.

"Di bawah pemerintahan Presiden Iris, Honduras telah mengadopsi serangkaian langkah dalam menjaga supremasi hukum, memerangi korupsi dan kejahatan terorganisir, serta memperkuat layanan publik di negaranya," ujar Geng.

Menurutnya, langkah tersebut telah membuktikan bahwa Honduras telah membuat pengalaman berharga dalam pembangunan perdamaian, dan stabilitas negara yang efektif, sehingga negara itu disebut pantas untuk mendapat dukungan berkelanjutan yang lebih besar dari PBC.

Seperti dikutip People Selasa (27/6), dalam upayanya untuk mendukung negara yang baru memiliki hubungan diplomatik dengan Tiongkok itu, negara tersebut juga mengajukan usulan agar PBC segera mengadakan pertemuan dan koordinasi untuk memobilisasi sumber daya dari entitas PBB, Dana Pembangunan Perdamaian, dan lembaga keuangan internasional.

Dengan sinergi yang kuat itu, diharapkan pembangunan Honduras dapat didukung secara lebih efektif.

Langkah tersebut dilakukan China, setelah belum lama ini, Presiden Honduras Iris Xiomara Castro melakukan kunjungan kenegaraan ke China, yang semakin membuka babak baru dalam hubungan bilateral antara kedua negara.

Dalam kesempatan tersebut, China dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap Honduras untuk terus menjaga kedaulatan, mendorong pembangunan, dan memperdalam kerja sama yang saling menguntungkan antar kedua negara.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA