Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jerman akan Tempatkan 4.000 Tentara Permanen di Lithuania

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Selasa, 27 Juni 2023, 06:56 WIB
Jerman akan Tempatkan 4.000 Tentara Permanen di Lithuania
Ilustrasi/Net
rmol news logo Jerman akan mengerahkan 4.000 tentaranya secara permanen ke Lithuania guna meningkatkan kehadiran militer di wilayah Baltik.

Rencana itu diumumkan oleh Menteri Pertahanan Jerman, Boris Pistorius, saat kunjungannya ke Vilnius pada Senin (26/6) untuk menonton latihan militer NATO dengan Sekretaris Jenderal Jens Stoltenberg.

Pada pertemuan tersebut, Pistorius menyatakan bahwa Jerman akan menyediakan brigade tangguh di Lithuania sebagai langkah yang menunjukkan komitmen Berlin untuk mendukung keamanan dan pertahanan di negara-negara Baltik.

Pernyataan ini merupakan kelanjutan dari janji Jerman setahun yang lalu untuk menyediakan brigade tempur guna memperkuat pertahanan Lithuania, terutama setelah invasi Rusia ke Ukraina, karena kekhawatiran negara tersebut akan menjadi target Rusia berikutnya.

Meskipun Vilnius telah lama menuntut penempatan permanen tentara Jerman di wilayahnya, namun keputusan ini masih menjadi topik yang kontroversial di Jerman.

Akan tetapi baru-baru ini dukungan terhadap langkah itu semakin menguat, termasuk dari pihak oposisi. Seorang anggota parlemen dari partai CDU yang berhaluan kanan-tengah dan pakar kebijakan luar negeri, Roderich Kiesewetter, menyambut baik keputusan tersebut.

"Keputusan itu masuk akal dan dapat diandalkan dalam upaya memperkuat kehadiran NATO di wilayah Baltik," ujarnya, seperti dimuat Politco EU.

Pengumuman ini juga datang setelah terjadi pemberontakan singkat di Rusia yang melibatkan kelompok tentara bayaran Rusia, Wagner Group, pada akhir pekan lalu.

Namun, juru bicara Kementerian Pertahanan Jerman menegaskan bahwa perencanaan penempatan tentara di Lituania ini tidak terkait dengan peristiwa tersebut. Penempatan permanen ini merupakan bagian dari persiapan Konferensi Tingkat Tinggi NATO yang akan diadakan di Vilnius.

Penempatan tentara Jerman di Lituania ini diharapkan dapat memberikan kekuatan tambahan dalam menjaga stabilitas dan keamanan di wilayah Baltik, serta meningkatkan kepercayaan dan kerja sama antara anggota NATO. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA