Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Petani Kristen dan Peternak Muslim Nigeria Bentrok, 16 Orang Tewas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 23 Juni 2023, 10:23 WIB
Petani Kristen dan Peternak Muslim Nigeria Bentrok, 16 Orang Tewas
Ilustrasi/Net
rmol news logo Total kematian korban bentrokan antara komunitas peternak nomaden dan petani di Plateau State mencapai 16 orang.

Mengutip The Defense Post pada Jumat (23/6), kedua komunitas itu terpisah di dua wilayah. Di mana para peternak berada di utara dengan sebagian besar Muslim, sementara petani berada di selatan dan beragama Kristen.

Juru Bicara militer Nigeria mengatakan serangan terbaru terjadi awal pekan ini menewaskan belasan orang dari dua komunitas di distrik Riyom dan Mangu.

"Enam nyawa hilang di Riyom. Serangan lain terjadi di beberapa komunitas di Mangu dan 10 orang tewas," ungkap laporan tersebut.

Menurut Anggota majelis negara bagian dataran tinggi yang mewakili Mangu Selatan, Bala Fwangje, jumlah kematian yang tercatat 14 orang.
 
"Kami mendengar sekitar 14 orang tewas, rumah hancur, harta benda dibakar. Saya belum mendapatkan data lengkapnya," kata Fwangje.

Sejak Mei lalu, hampir 200 orang tewas dalam bentrokan antara komunitas petani Berom, yang sebagian besar beragama Kristen, dan komunitas peternak sapi Muslim Fulani di daerah dataran tinggi Riyom, Barkin Ladi, dan Mangu.

Tidak jelas apa sebenarnya yang memicu serangan baru-baru ini di Plateau, tetapi disinyalir bentrokan disebabkan oleh aksi saling balas antara petani dan peternak yang berujung pada penggerebekan desa.

Merek bahkan menggunakan senjata berat untuk menculik, menjarah, dan membunuh penduduk desa. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA