Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ledakan Besar Guncang Restoran China, 31 Orang Tewas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 22 Juni 2023, 18:25 WIB
Ledakan Besar Guncang Restoran China, 31 Orang Tewas
Petugas pemadam kebakaran saat berada di lokasi ledakan di sebuah restoran barbekyu di Yinchuan, China pada Rabu, 21 Juni 2023/AP
rmol news logo Ledakan besar terjadi di sebuah restoran barbekyu di Yinchuan, China pada Rabu malam (21/6) waktu setempat. Insiden ini menyebabkan 31 orang meninggal dunia.

Menurut keterangan dari media lokal, ledakan itu terjadi di dalam restoran sekitar pukul 08.40 malam akibat kebocoran bahan bakar gas cair.

Seperti dimuat Assosiated Press, Kamis (22/6), selain puluhan orang tewas, ledakan itu juga menyebabkan tujuh lainnya terluka.

"Ledakan itu membuat banyak orang tidak sadarkan diri dan mereka harus dibawa keluar dari toko," tulis AP News, seraya menambahkan bahwa sebagian korban merupakan para orang tua dan siswa sekolah menengah.

Menurut keterangan saksi yang dimuat Xinhua, satu jam sebelum ledakan terjadi, karyawan mencium bau gas dan menemukan bahwa katup tangki gas rusak, karyawan itu segera mengganti katup namun ledakan naas terjadi di restoran itu.

Atas insiden tersebut, Presiden China Xi Jinping menyerukan perawatan medis mendesak bagi yang terluka, penyelidikan lebih lanjut, dan perbaikan keamanan setelah ledakan itu terjadi.

"Semua wilayah dan departemen terkait harus mengatasi seluruh jenis risiko dan bahaya tersembunyi dan meluncurkan kampanye untuk mempromosikan keselamatan di tempat kerja," ujar Xi dalam seruannya.

Kini, sembilan orang dikabarkan telah ditahan oleh pihak berwenang, termasuk pemilik restoran, pemegang saham, dan karyawan. Aset mereka juga telah dibekukan oleh pihak berwenang China sebagai respons terhadap insiden mematikan itu menjelang liburan panjang akhir pekan.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA