Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Indonesia, Ternyata Pengguna TikTok Terbanyak di Dunia ada di Kenya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Kamis, 22 Juni 2023, 10:00 WIB
Bukan Indonesia, Ternyata Pengguna TikTok Terbanyak di Dunia ada di Kenya
Ilustrasi/Net
rmol news logo Sebuah laporan yang dirilis Reuters Institute Digital News Reports 2023 menyebut pengguna aplikasi video TikTok terbanyak di dunia ada di Kenya.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan lembaga tersebut, diketahui bahwa Kenya memiliki 54 persen orang yang menggunakan TikTok untuk tujuan apa pun dan 29 persen untuk menikmati berita.

Sementara di urutan kedua, ada Thailand dengan 51 persen penggunaan umum dan 30 persen berita. Kemudian disusul Afrika Selatan dengan 50 persen penggunaan umum dan 22 persen berita.

Sementara itu, negara dengan penggunaan TikTok terendah ada di Jepang dengan 9 persen penggunaan umum dan 3 persen berita.

Mengutip Nairobi News pada Kamis (22/6), sejak awal diluncurkan oleh perusahaan ByteDance China, TikTok memang dimaksudkan sebagai aplikasi penyedia hiburan.

Tetapi menurut hasil survei, ternyata TikTok juga mendapatkan pijakan dalam distribusi berita, terutama di kalangan audiens yang lebih muda.

"TikTok tetap menjadi jejaring sosial dengan pertumbuhan tercepat, dengan 44 persen pengguna menggunakannya, dan populer di kalangan usia 18-24 tahun," ungkap laporan tersebut.

Platform ini banyak digunakan di beberapa bagian Asia, Amerika Latin, dan Afrika.

Berbeda dengan Twitter dan Facebook, aplikasi TikTok, Instagram, dan Snapchat, cenderung lebih memperhatikan selebriti dan influencer media sosial daripada perusahaan media terkait topik berita.

Dalam laporan disebut ada bukti bahwa penonton terus secara selektif menghindari cerita-cerita penting, seperti biaya hidup, karena mereka sedang mengurangi berita yang menyedihkan dan berusaha melindungi kesehatan mental mereka. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA