Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Modi Usulkan Keanggotaan Penuh Uni Afrika di G20

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Senin, 19 Juni 2023, 11:29 WIB
PM Modi Usulkan Keanggotaan Penuh Uni Afrika di G20
Perdana Menteri India, Narendra Modi/Net
rmol news logo Dalam sebuah surat yang dikirimkan kepada seluruh mitranya di G20, Perdana Menteri India Narendra Modi mendorong agar keanggotaan penuh dan permanen Uni Afrika dibahas selama KTT puncak November mendatang.

Sebagai pemimpin Presidensi G20 tahun ini, PM Modi berupaya mendukung dan mengadvokasi perjuangan Uni Afrika untuk menjadi bagian penting dalam organisasi lintas benua tersebut.

Menurut Modi, masuknya Uni Afrika sebagai anggota penuh akan mencerminkan inklusivitas G20 karena merepresentasikan seluruh wilayah di dunia.

"Ini akan menjadi langkah yang tepat menuju arsitektur global yang adil, lebih inklusif dan representatif," ungkap Modi dalam suratnya, seperti dikutip dari ANI News pada Senin (19/6).

Modi cukup optimis dengan usulannya tersebut, karena kemungkinan besar negara-negara Global Selatan akan memberikan dukungan mereka terhadap Uni Afrika.

"(Perdana Menteri) sangat percaya dukungan akan banyak berdatangan dari negara-negara Global Selatan di platform internasional," kata Modi.

Usulan Modi untuk memberikan Uni Afrika keanggotaan penuh di G20 menunjukkan komitmen India untuk memperkuat perwakilan dan kemitraan Afrika dalam membentuk urusan global.

G20 adalah forum antar pemerintah dari ekonomi maju dan berkembang utama dunia.

Anggotanya mewakili sekitar 85 persen PDB global, lebih dari 75 persen perdagangan global, dan sekitar dua pertiga populasi dunia. Keanggotaan penuh G20 dipegang oleh 19 negara dan Uni Eropa.

Sementara Uni Afrika adalah badan kontinental yang terdiri dari 55 negara anggota di benua Afrika. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA