Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kaisar Jepang akan Kunjungi Bekasi dan Yogyakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 19 Juni 2023, 08:07 WIB
Kaisar Jepang akan Kunjungi Bekasi dan Yogyakarta
Kaisar Jepang, Hironomiya Naruhito/Net
rmol news logo Indonesia terpilih sebagai negara pertama yang dikunjungi oleh Kaisar Jepang ke-126, Hironomiya Naruhito yang baru naik takhta pada 2019 lalu.

Sekretaris Pers untuk Kaisar Jepang, Shiojiri Kojiro, dalam pers briefingnya di Hotel Indonesia Kempinski, pada Minggu (18/6) mengonfirmasi hal tersebut.

"Memang benar Indonesia terpilih sebagai tujuan kunjungan luar negeri perdana sejak beliau naik takhta," ujar Kojiro.

Dalam pers briefing itu, ia menuturkan alasan di balik terpilihnya Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi oleh Kaisar Jepang.

Menurutnya, rangkaian kunjungan Kaisar selama lima hari di Indonesia ini sebagai respon atas undangan yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo saat ia melakukan kunjungannya ke Jepang pada Juli 2022 lalu.

Selain itu, motivasi utama Kaisar untuk mengunjungi Indonesia adalah karena keinginannya sendiri yang ingin melihat secara langsung hasil dari perkembangan persahabatan yang selama ini telah terjalin antara Indonesia dan Jepang.

Atas alasan itu maka terpilihlah Jakarta dan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam rangkaian rencana kunjungan penting yang dilakukan oleh Kaisar Jepang pada awal pekan ini. Bekasi juga akan menjadi salah satu kota yang akan didatangi Kaisar.

"Yogyakarta dipilih sebagai salah satu tempat untuk kunjungan Kaisar karena Jepang dan Yogyakarta telah lama memiliki hubungan yang dekat. Mulai dari kepemimpinan Sri Sultan Hamengkubuwono ke-9 dan sampai sekarang," ujarnya.

Rencananya, pada Rabu (21/6) Kaisar akan berkunjung ke Keraton untuk berdialog langsung dengan Gubernur DIY Sultan Hamengkubuwono X sekaligus memperdalam hubungan antara Jepang dan Yogyakarta.

Yogyakarta, juga dikenal sebagai "Kota Istimewa," yang memiliki warisan budaya dan tradisi yang beragam. Untuk itu Kaisar juga akan melakukan kunjungannya Candi Borobudur, yang diakui oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.

Menurut Kojiro, Candi Borobudur memiliki kaitan erat dengan Kaisar, karena ayah dari kaisar juga pernah mengunjungi situs itu, sehingga kunjungan ini menjadi kesempatan bagi Kaisar untuk kembali menghormati dan mengapresiasi situs bersejarah tersebut.

Rombongan Kaisar juga akan mengunjungi situs Balai Teknis Sabo untuk mempelajari upaya mitigasi bencana longsor yang telah dilakukan di wilayah tersebut.

Kunjungan Kaisar Jepang ini disebut menjadi momen bersejarah yang tidak hanya memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang, tetapi juga menghormati sejarah, kerja sama dan persahabatan yang telah terjalin antar kedua negara selama ini.

Selain itu, kunjungan ini juga diharapkan dapat membawa dampak positif dalam meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang serta mempererat hubungan persahabatan yang erat antara Indonesia dan Jepang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA