Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Presiden Meksiko Tunjuk Diplomat Perempuan Senior sebagai Menteri Luar Negeri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 14 Juni 2023, 07:39 WIB
Presiden Meksiko Tunjuk Diplomat Perempuan Senior sebagai Menteri Luar Negeri
Alicia Barcena/Net
rmol news logo Sehari setelah Marcelo Ebrard mengundurkan diri sebagai menteri luar negeri untuk fokus dalam pemilihan presiden mendatang, Presiden Andres Manuel Lopez Obrador langsung menunjuk Alicia Barcena, duta besar negara itu untuk Chili sebagai pengganti.

Dalam pernyataannya pada Selasa (13/6), Lopez Obrador mencatat latar belakang Barcena, seorang diplomat veteran perempuan lulusan Harvard, yang menjabat selama hampir 14 tahun sebagai sekretaris eksekutif Komisi Ekonomi PBB untuk Amerika Latin dan Karibia.

"Dia seorang profesional, seorang diplomat, seorang wanita dengan keyakinan, dengan prinsip," kata Lopez Obrador dalam konferensi pers, seperti dikutip dari Reuters, Rabu (14/6).

"Dan dia akan membantu kita dalam tahap terakhir pemerintahan ini," katanya.

Ebrard pada Senin mengundurkan diri dari jabatannya untuk bergabung dalam pencalonan presiden dari partai Morena pimpinan Lopez Obrador dalam pemilihan Juni 2024.

Lopez Obrador, yang masa jabatannya akan berakhir pada 30 September 2024, mengatakan Barcena akan memulai peran barunya dalam 10 hari mendatang. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA