Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Luncurkan Serangan Balasan, Pasukan Ukraina Berhasil Bebaskan Tiga Desa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 13 Juni 2023, 11:14 WIB
Luncurkan Serangan Balasan, Pasukan Ukraina Berhasil Bebaskan Tiga Desa
Tentara Ukraina/Net
rmol news logo Serangan balasan yang diluncurkan Ukraina sejak akhir pekan lalu, berhasil membebaskan tiga desa dari pendudukan Rusia.

Mengutip The Defense Post pada Selasa (13/6), desa yang berhasil dibebaskan pertama kali adalah Neskuchne yang ada di wilayah Donetsk pada Minggu pagi (11/6).

"Bendera Ukraina telah berkibar lagi di Neskuchne," kata dinas penjaga perbatasan Ukraina.

Kemudian desa terdekat dari Neskuchne, yakni Blagodatne juga berhasil direbut kembali.

Hal itu terungkap dalam tayangan video yang memperlihatkan tentara mengibarkan bendera Ukraina di atas bangunan yang hancur di desa Blagodatne.

Kemudian pada Minggu malam (11/6), Wakil Menteri Pertahanan Ganna Malyar mengatakan pasukan Ukraina telah merebut kembali desa ketiga, Makarivka, di barat laut Blagodatne.

Meski misi pembebasan cukup berhasil, namun tiga orang tewas dan sedikitnya 23 lainnya luka-luka ketika Rusia menembaki kapal penyelamat yang mengevakuasi warga sipil dari wilayah pembebasan.

Pada Sabtu (10/6) Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengkonfirmasi serangan balasan terhadap pasukan Rusia telah dimulai.

Menurut lembaga think tank Institute for the Study of War dari Washington, pasukan Kyiv telah meluncurkan operasi balasan di setidaknya empat area garis depan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA