Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

PM Selandia Baru Chris Hipkins Umumkan Rencana Kunjungan Pertama ke China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 13 Juni 2023, 07:33 WIB
PM Selandia Baru Chris Hipkins Umumkan Rencana Kunjungan Pertama ke China
Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins/Net
rmol news logo Bertujuan meningkatkan hubungan bilateral, Perdana Menteri Selandia Baru Chris Hipkins mengumumkan pada Senin (12/6) bahwa dia akan mengunjungi China pada akhir Juni mendatang.

Hipkins, yang menggambarkan hubungan China sebagai yang paling signifikan, luas dan kompleks mengatakan ia akan didampingi delegasi perdagangan selama kunjungannya ke Beijing.

"Hubungan perdagangan kami didukung oleh perjanjian perdagangan bebas kami yang baru saja ditingkatkan," kata Hipkins, seperti dikutip dari Global Times.

Selandia Baru, bagian dari aliansi intelijen dan keamanan Five Eyes yang mencakup Australia, Inggris, Kanada, dan Amerika Serikat, secara historis mengambil pendekatan yang lebih damai terhadap China daripada sekutunya.

Hipkins mengatakan Selandia Baru bangga akan hubungannya dengan China yang stabil dan konsisten.

"Itu berarti di mana kita memiliki perhatian hak asasi manusia seputar perdagangan atau masalah kebijakan luar negeri lainnya," katanya.

Ini akan menjadi kunjungan pertama Hipkins ke China sejak dia menjadi pemimpin pada Januari ketika mantan Perdana Menteri Jacinda Ardern mundur. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA