Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sambut Russia Day, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Nyatakan Dukungan untuk Putin

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 13 Juni 2023, 06:29 WIB
Sambut Russia Day, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un Nyatakan Dukungan untuk Putin
Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Rusia Vladimir Putin/Net
rmol news logo Dalam rangka menyambut Russia Day atau Hari Nasional Rusia, Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un pada Senin (12/6) menyatakan kembali dukungannya kepada Presiden Rusia Vladimir Putin.

Dalam pesannya yang dimuat Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Kim memuji peran Putin memimpin rakyat Rusia.

“Berkat keputusan dan bimbingan yang tepat dari presiden Rusia, perjuangan rakyat Rusia untuk menggagalkan ancaman dan tantangan yang meningkat dari pasukan musuh untuk merampas kedaulatan, keamanan, dan kehidupan damai Rusia, telah memasuki fase baru yang menentukan,” kata Kim.

“Keadilan pasti akan menang, dan rakyat Rusia akan terus menambah kejayaan dalam sejarah kemenangan, tradisi khas mereka,” tegasnya.

Meskipun tidak menyebutkan dengan jelas, pesan Kim jelas merujuk pada perang Moskow di Ukraina yang telah berlangsung sejak tahun lalu.

Kim mengatakan rakyat DPRK (Republik Rakyat Demokratik Korea, nama resmi Korea Utara), memberikan dukungan penuh dan solidaritas kepada rakyat Rusia dalam perjuangan mempertahankan hak kedaulatan, pembangunan, dan kepentingan negara mereka dari praktek-praktek sewenang-wenang kaum imperialis, untuk mewujudkan keadilan internasional.

“Ini adalah sikap tetap pemerintah DPRK untuk terus mengembangkan hubungan bertetangga dan kerja sama yang baik, seperti yang disyaratkan oleh era baru,” tambahnya.

Pemimpin Korea Utara itu juga kembali menegaskan kesediaannya untuk mengusahakan kerja sama strategis yang lebih erat antara Pyongyang dan Moskow.

Russia Day atau Hari Nasional Rusia adalah hari memperingati adopsi Deklarasi Kedaulatan Negara Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia pada tanggal 12 Juni 1990, dan merupakan hari libur nasional Federasi Rusia. Sejak 1992, Russia Day dirayakan setiap tahun pada tanggal 12 Juni.

Di Moskow, pemerintah menyelenggarakan lebih dari 100 konser dan perayaan di taman, termasuk pertunjukan kembang api di seluruh kota dengan bendera tiga warna Rusia juga dipasang di penjuru ibu kota. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA