Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menkes RI: RSUP adalah Contoh di antara Buah Indah Hubungan Rusia-Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 16 Juni 2023, 15:17 WIB
rmol news logo Mewakili pemerintah Indonesia, Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin hadir dalam perayaan Hari Nasional Rusia yang digelar di Hotel Mulia, Jakarta pada Kamis malam (15/6).

Budi mendapat kesempatan untuk menyampai pidato di hadapan ratusan tamu undangan yang hadir dalam resepsi dan jamuan makan tersebut.

Menkes RI itu menyampaikan ucapan selamat kepada rakyat Rusia atas Hari Nasional mereka yang seberananya jatuh pada 12 Juni lalu.

"Atas nama rakyat Indonesia dan pemerintah Indonesia, saya mengucapkan selamat kepada rakyat Rusia," kata Budi.

Menurut Budi, sepanjang 74 tahun hubungan diplomatik, Indonesia dan Rusia telah mencapai banyak prestasi di bidang ekonomi maupun politik.

Di samping itu, ia juga menyoroti kontribusi Rumah Sakit Umum Persahabatan yang dibangun oleh pemerintah Soviet di Jakarta pada tahun 1963.

Menkes menyebut RSUP tersebut adalah salah satu contoh di antara buah indah dari hubungan antara Rusia dan Indonesia.

"Pembangunan rumah sakit ini selesai saat sistem pemerintahan Soviet, dan dipimpin oleh para insinyur Soviet selama dua tahun. Bahkan beberapa dokter dan perawat Rusia juga masih ada yang bekerja di sana," ungkapnya.

Selain menjadi simbol persahabatan, RSUP juga telah memainkan peran kunci selama pandemi Covid-19 tiga tahun lalu, menurut Budi.

"Ini adalah salah satu rumah sakit pusat yang menampung banyak pasien Covid-19 yang terinfeksi. Rumah sakit itu dibangun dan didukung oleh teman kami dari Rusia," kata Budi.

Selesai berpidato, Menkes RI bersama Dubes Rusia untuk ASEAN, Evgeny Zagayno dan Dubes Rusia untuk RI, Lyudmila Vorobieva memotong kue sebagai simbol perayaan Hari Nasional Rusia. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA