Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

ISIS Mengaku Dalangi Peledakan Masjid di Badakhshan Afghanistan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 10 Juni 2023, 12:18 WIB
ISIS Mengaku Dalangi Peledakan Masjid di Badakhshan Afghanistan
Ambulans membawa jenazah setelah ledakan di masjid Nabawi di daerah Hesa-e-Awal distrik Fayzabad, Provinsi Badakhshan, pada 8 Juni 2023/Net
rmol news logo Kelompok militan Islamic State-Khorasan (IS-K) pada Jumat (9/6) mengaku bertanggung jawab atas peristiwa ledakan di dalam sebuah masjid di Provinsi Badakhshan, Afghanistan utara, yang terjadi sehari sebelumnya.

Dilaporkan Reuters, Sabtu (10/6), Kementerian Dalam Negeri Afghanistan dalam keterangannya pada Kamis menyebutkan sedikitnya ada 11 korban tewas dan lebih dari 30 orang terluka. Para korban saat itu sedang melakukan upacara untuk pemakaman seorang pejabat Taliban.

Moazuddin Ahmadi, direktur informasi dan budaya Taliban untuk Badakhshan, mengatakan kepada wartawan bahwa mantan kepala polisi Provinsi Baghlan, Safiullah Samim, termasuk di antara mereka yang tewas.

Seorang warga Faizabad bernama Ashraf Nael mengatakan dia berada di gedung pengadilan terdekat ketika dirinya mendengar ledakan sekitar pukul 11:00 siang waktu Kabul, teredam oleh dinding masjid, sebelum banyak ambulans bergegas menuju tempat kejadian.

Sebelumnya, militan ISIS juga mengaku bertanggung jawab atas bom mobil pada hari Selasa yang menewaskan penjabat gubernur Badakhshan, Nisar Ahmad Ahmadi.

Kelompok ISIS telah menargetkan sejumlah pejabat administrasi Taliban, dan mengklaim pembunuhan gubernur provinsi Balkh utara dalam serangan pada bulan Maret. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA