Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diterjang Banjir, Sekolah dan Jalanan di Samoa Ditutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Kamis, 08 Juni 2023, 13:36 WIB
Diterjang Banjir, Sekolah dan Jalanan di Samoa Ditutup
Rekaman video yang beredar menunjukan banjir setinggi dada orang dewasa yang menerjang Samoa memicu pohon tumbang, serta rumah dan mobil yang terendam banjir/Net
rmol news logo Banjir bandang menerjang sebagian wilayah Samoa, negara kepulauan di Samudra Pasifik, pada Kamis (8/6), menyebabkan kerusakan parah pada rumah dan infrastruktur negara.

Pulau Savaii dikabarkan menjadi wilayah yang paling terdampak. Beberapa kerusakan jalan dan jembatan dilaporkan terjadi di daerah itu yang memicu pemadaman listrik dan penutupan jalan dan sekolah.

Beberapa jalan dan jembatan bahkan telah ditutup untuk sementara waktu.

Berdasarkan rekaman video yang beredar di internet, banjir di Samoa setinggi dada orang dewasa itu telah menghanyutkan mobil dan merendam rumah di wilayah itu.
Selain itu akibat cuaca buruk, layanan feri antar pulau Upolu dan Savaii juga mengalami gangguan.

Seperti dimuat RNZ News, pemerintah setempat dan instansi terkait terus bekerja untuk memantau situasi, membersihkan dan memperbaiki kerusakan yang terjadi, serta memberikan bantuan dan dukungan bagi penduduk yang terdampak oleh banjir.

Berdasarkan laporan dari petugas Divisi Meteorologi Samoa, Silipa Mulitalo, saat ini hujan telah mereda, tetapi mereka masih terus memantau sistem cuaca dengan cermat, karena masih ada ancaman hujan lebat akan kembali datang.

"Meskipun cuaca mulai membaik. Namun, masih ada potensi hujan lebat dalam 24 jam mendatang dengan jarak pandang yang buruk, jalan licin, dan angin kencang di atas jalur dan pegunungan, dengan kemungkinan tanah longsor akan menerjang ke daerah rawan," lapornya. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA