Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Wapres Han Sambut Kedatangan Putri Thailand Chakri Sirindhorn, Rayakan Kunjungan yang ke-50 ke China

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Selasa, 06 Juni 2023, 07:20 WIB
Wapres Han Sambut Kedatangan Putri Thailand Chakri Sirindhorn, Rayakan Kunjungan yang ke-50 ke China
Wakil Presiden Tiongkok Han Zheng bertemu dengan Putri Maha Chakri Sirindhorn dari Kerajaan Thailand dan menghadiri acara perayaan kunjungannya yang ke-50 ke Tiongkok, di Beijing, ibu kota Tiongkok, 5 Juni 2023/Net
rmol news logo Hubungan Thailand dan China bagaikan sebuah keluarga yang saling mengisi satu sama lain. Keduanya memiliki banyak kesamaan tujuan. Hal itu terungkap dalam pertemuan dua tokoh besar dari dua negara pada Senin (5/6).

Putri Maha Chakri Sirindhorn dari Kerajaan Thailand tiba di Beijing pada Senin dan melakukan pertemuan dengan Wakil Presiden China Han Zheng.

Dikutip dari Xinhua, kedatangan Putri Sirindhorn adalah untuk memenuhi undangan dari pemerintah China.

Putri Sirindhorn pertama kali mengunjungi China pada 1981. Kunjungannya pada Senin menjadi kunjungannya yang ke-50 ke China, dan menjadi tonggak sejarah pertukaran persahabatan China-Thailand. Untuk itu, pemerintah China mengadakan perayaan untuk menghormatinya.

Han menyambut Putri Sirindhorn dengan ramah dan menyampaikan salam hangat serta harapan terbaik dari Presiden China Xi Jinping kepada Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Phra Vajiraklaochaoyuhua.

Han juga memuji antusiasme besar Putri Sirindhorn dan kontribusinya untuk pengembangan hubungan bilateral sejak kunjungan pertamanya ke China 42 tahun yang lalu.

"Tiongkok siap bekerja sama dengan Thailand untuk mengimplementasikan kunci kesepahaman bersama antara para pemimpin kedua negara," kata Han.

China juga akan meneruskan hubungan tradisional kedua negara bagaikan sebuah keluarga, bersama-sama membangun Belt and Road dengan kualitas tinggi, dan memperluas kerja sama di berbagai bidang, untuk mencapai pembangunan dan kemakmuran bersama.

Sementara itu Putri Sirindhorn, yang saat ini berusia 68 tahun, berkata bahwa dia telah berkeliling China dan sangat merasakan antusiasme dan persahabatan orang-orang Tiongkok selama kunjungannya.

Anak ketiga Raja Bhumibol Adulyadej ini juga mengungkapkan keinginan yang tulus untuk kemakmuran Tiongkok dan persahabatan abadi antara kedua negara. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA