Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sengketa Air, Taliban Kirim Peralatan Militer ke Perbatasan Iran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 03 Juni 2023, 15:08 WIB
Sengketa Air, Taliban Kirim Peralatan Militer ke Perbatasan Iran
Penyeberangan perbatasan Islam Qala adalah titik transit utama untuk barang dan orang antara Afghanistan dan Iran/Net
rmol news logo Di tengah ketegangan akibat sengketa pembagian air, penguasa Taliban Afghanistan dilaporkan telah mengirim peralatan militer ke perbatasan dengan Iran.

Pengiriman pasukan tersebut menyusul baku tembak antara pasukan Taliban dan Iran di atas aliran sungai Helmand pada 27 Mei 2023.

“Sebuah karavan peralatan militer dipindahkan ke Islam Qala minggu lalu setelah bentrokan di Provinsi Nimruz," kata seorang penduduk bernama Ahmad, seperti dikutip dari The National, Sabtu (3/6).

"Sekarang tidak ada pertempuran, tapi mereka (kendaraan militer) masih berada di Islam Qala,” ujarnya.

Islam Qala, atau secara historis dikenal sebagai Kafir Qala, adalah sebuah kota perbatasan di Provinsi Herat barat Afghanistan, dekat perbatasan Afghanistan-Iran. Ini adalah pelabuhan masuk resmi melalui darat dari negara tetangga Taybad di Iran.

Ahmad melanjutkan dengan mengatakan bahwa perbatasan ditutup selama beberapa hari setelah bentrokan.

"Tidak ada yang diizinkan lewat, bahkan pemegang paspor," katanya.

Beberapa video di media sosial menunjukkan konvoi besar kendaraan lapis baja, serta senjata berat yang ditinggalkan oleh pasukan AS yang ditarik, dipindahkan melintasi provinsi.

Media lokal juga melaporkan bahwa Taliban telah memerintahkan pemindahan truk bahan bakar dari daerah perbatasan Islam Qala dan Dogharon.

Iran telah menuduh Taliban melanggar perjanjian tahun 1973 dengan menahan air dari cekungan Sistan Iran, sementara Taliban mengaitkan berkurangnya aliran itu dengan kekeringan berturut-turut di wilayah tersebut.

Baku tembak yang hebat pekan lalu menyebabkan beberapa kematian dan cedera di kedua sisi, menurut pernyataan resmi dari Iran dan Afghanistan. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA