Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Africa Day 2023, Cerminkan Solidaritas Indonesia dan Negara-negara Afrika

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Selasa, 30 Mei 2023, 11:47 WIB
rmol news logo Sebuah perayaan untuk memperingati 60 tahun berdirinya Afrika atau biasa disebut "Africa Day" diselenggarakan dengan meriah di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Senin malam (29/5).

Acara tersebut dihadiri oleh Duta Besar Afrika dan non-Afrika yang ada di Jakarta, pejabat pemerintah RI, hingga tokoh politik dan akademisi.

Ratusan tamu undangan memenuhi ruangan yang disusun sedemikiann rupa dengan meja bulat yang sudah disediakan. Mereka menyanyikan lagu kebangsaan Uni Afrika dan Indonesia Raya sebelum memulai acara.

Mewakili negara-negara Afrika yang hadir, Duta Besar Maroko sekaligus Dekan Kelompok Duta Besar Afrika, Ouadiâ Benabdella menceritakan bagaimana hubungan dekat yang telah dijalin antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

Benabdella percaya bahwa Indonesia mampu memainkan peran kunci dalam pembangunan ekonomi di Afrika.

"Kita harus bekerja sama dalam kemitraan dan solidaritas, untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Afrika," ungkap Benabdella.

Sejalan dengan pidato Dubes Maroko, Sekretaris Menteri BUMN, Rabbin Sudrajad Hattari juga menyerukan dukungan yang sama untuk penguatan hubungan kerjasama antara Indonesia dan negara-negara Afrika.

"Sangat penting bagi kita untuk bekerjasama memperkuat kerjasama di berbagai bidang guna menghadapi tantangan global yang kompleks," kata Hattari.

Kepada Kantor Berita Politik RMOL, Juru Bicara Kementerian Luar Negeri RI, Teuku Faizasyah menyebut Africa Day menunjukkan solidaritas Indonesia dengan negara kawasan Afrika.

Ia berharap Indonesia mampu berperan dalam perkembangan ekonomi dan stabilitas Afrika.

"Kita sangat berharap bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi Afrika dan selalu berharap ada perdamaian dan stabilitas di Afrika," ungkap Jubir.

Indonesia dan Afrika terakhir kali menggelar kegiatan bersama melalui Forum Indonesia-Afrika (IAF) yang diselenggarakan di Bali pada 2018.

Beberapa kegiatan lain yang juga pernah digelar antara Indonesia dan Afrika, salah satunya adalah Indonesia-Afrika Infrastruktur Forum yang diselenggarakan 2019 lalu.

Acara dilanjutkan dengan sesi makan malam. Tersedia berbagai menu beragam yang berasal dari Nigeria, Somalia, Afrika Selatan, Sudan, Tunisia, Zimbabwe, Mesir, Kenya, Libya, Mauritania, Maroko dan Mozambik.

Para pengunjung dapat berkeliling untuk mencicipi makanan khas Afrika tersebut sambil menikmati pertunjukkan tarian tradisional Indonesia dan lantunan lagu yang dinyanyikan oleh grup vokal di atas panggung. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA