Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Aktivitas Gunung Berapi Popocatepetl Meningkat, Sekolah di Meksiko Terpaksa Ditutup

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 19 Mei 2023, 16:16 WIB
Aktivitas Gunung Berapi Popocatepetl Meningkat, Sekolah di Meksiko Terpaksa Ditutup
Gunung berapi Popocatepetl di negara bagian Puebla, Meksiko/Net
rmol news logo Aktivitas gunung berapi bersalju teraktif di Meksiko, Popocatepetl terus meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Kondisi itu memaksa pemerintah negara bagian Puebla pada Kamis (18/5), menutup seluruh sekolah negeri dan swasta di semua tingkatan di 22 kota guna menghindari dampak buruk dari hujan abu vulkanik.

"Abu yang jatuh, ditambah gas yang dimuntahkan oleh letusan, dapat berbahaya jika terhirup," kata pejabat setempat dalam sebuah pernyataan, seperti dimuat Reuters.

Terjadi serangkaian letusan yang relatif kecil namun kuat dari gunung berapi Popocatepetl. Jika aktivitas ini terus berlanjut, maka pemerintah akan melakukan evakuasi warga secara besar-besaran.

Pusat pencegahan bencana Meksiko Cenapred menetapkan status siaga untuk gunung berapi tersebut.

"Selama 24 jam terakhir telah tercatat 154 embusan sebagian besar abu dan gas dari Popocatepetl, satu ledakan kecil dan satu gempa bumi tektonik," bunyi laporan Cenapred.

Unggahan gambar di media sosial memperlihatkan banyak warga di Alun-alun utama di negara bagian Puebla menggunakan masker untuk melindungi diri dari debu vulkanik.

Popocatepetl berasal dari bahasa asli Aztec, Nahuatl yang berarti "Bukit Merokok". Gunung berapi ini merupakan yang tertinggi kedua di Meksiko dengan ketinggian 5.550 meter di atas permukaan laut.

Berlokasi 45 mil dekat ibu kota Mexico City, gunung Popocatepetl terus menjadi pantauan dunia karena aktivitas vulkaniknya yang cukup sering. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA