Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Penyelenggara Tolak Permintaan Zelensky untuk Siarkan Pidato di Final Eurovision 2023

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Sabtu, 13 Mei 2023, 12:23 WIB
Penyelenggara Tolak Permintaan Zelensky untuk Siarkan Pidato di Final Eurovision 2023
Kontes Lagu Eurovision di Liverpool, Inggris, Kamis, 11 Mei 2023/Net
rmol news logo Harapan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky untuk berpidato di final Kontes Lagu Eurovision yang akan berlangsung Sabtu (13/5) di Liverpool, Inggris, harus pupus.

Penyelenggara mengatakan mereka  menolak permintaan Zelensky untuk berpidato, dan hanya setuju untuk menampilkan bendera, musisi, serta penggemar dari Ukraina.

Uni Penyiaran Eropa, sebuah kelompok penyiaran publik nasional yang menjalankan Eurovision, mengatakan bahwa membiarkan Zelensky berpartisipasi akan melanggar sifat non politik dari acara tersebut.

"Permintaan Zelensky untuk berbicara kepada penonton di Kontes Lagu Eurovision, meskipun dibuat dengan niat terpuji, sayangnya tidak dapat dikabulkan oleh manajemen Uni Penyiaran Eropa karena akan bertentangan dengan aturan acara tersebut," kata organisasi tersebut, seperti dikutip dari Associated Press, Sabtu (13/5).

Sementara itu juru bicara Zelensky, Sergey Nikiforov, membantah bahwa presiden telah meminta untuk berbicara pada acara yang akan disaksikan oleh sekitar 160 juta orang itu.

"Kantor Presiden Ukraina tidak meminta penyelenggara Kontes Lagu Eurovision untuk menawarkan penampilan online (Zelensky) selama final atau pada tahap kontes lainnya," katanya di Facebook.

Dalam 15 bulan sejak invasi Rusia, Zelensky telah berpidato di lusinan pertemuan global untuk mempromosikan perjuangan negaranya.

Dia telah berbicara kepada badan legislatif di seluruh dunia melalui video - dan beberapa kali secara langsung - dan menarik perhatian orang banyak di festival musik Glastonbury, Penghargaan Grammy, dan Festival Film Berlin.

Namun dia dilaporkan ditolak izinnya untuk berbicara di Academy Awards pada bulan Maret, dan Ukraina mengatakan bahwa FIFA, badan pengatur sepak bola internasional, juga menolak permintaan Zelensky untuk mengirim pesan video ke Piala Dunia pada November 2022.

Juru bicara Perdana Menteri Rishi Sunak mengatakan pemerintah Inggris "kecewa dengan keputusan dari European Broadcasting Union," meskipun tidak ada rencana untuk menggugatnya.

"Nilai-nilai dan kebebasan yang diperjuangkan oleh Presiden Zelensky dan rakyat Ukraina tidak politis, itu mendasar," kata juru bicara Sunak Max Blain.

Didirikan pada tahun 1956 untuk membantu menyembuhkan benua yang hancur akibat perang, Eurovision berusaha untuk memisahkan pop dan politik. Lirik, tanda, dan simbol politik yang terang-terangan dilarang.

Tapi politisasi dalam kontes tidak bisa ditutup sepenuhnya, dibuktikan dengan dilarangnya Rusia mengikuti kontes setelah menginvasi Ukraina pada Februari 2022.

Belarus juga telah dikeluarkan tahun sebelumnya karena tindakan keras pemerintahnya terhadap perbedaan pendapat.

Kontes tahun lalu dimenangkan oleh Ukraina, dan Inggris telah turun tangan untuk menjadi tuan rumah atas namanya.

Aksi dari 26 negara akan bersaing di final langsung hari Sabtu di Liverpool Arena, yang akan dibawakan bersama oleh penyanyi Ukraina Julia Sanina.

Ini akan menampilkan pertunjukan oleh pemenang Eurovision tahun lalu, Orkestra Kalush, dan pemain Ukraina lainnya, dan gambar Ukraina akan ditampilkan sebelum setiap pertunjukan dilakukan.

"Kami percaya bahwa ini adalah cara terbaik untuk mencerminkan dan merayakan kemenangan Kontes Lagu Eurovision Ukraina dan menunjukkan bahwa kami dipersatukan oleh musik selama masa-masa sulit ini," kata serikat penyiaran. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA