Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kunjungi Beijing, Mendag Australia Don Farrell Siap Melobi China Cabut Pembatasan Perdagangan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Kamis, 11 Mei 2023, 08:32 WIB
Kunjungi Beijing, Mendag Australia Don Farrell Siap Melobi China Cabut Pembatasan Perdagangan
Menteri Perdagangan Australia Don Farrell/Net
rmol news logo Menghangatnya hubungan Australia-China selama setahun terakhir telah meningkatkan harapan akan adanya pencabutan pembatasan terhadap beberapa produk seperti barley, anggur, daging sapi, lobster, dan ekspor lainnya, yang bernilai miliaran dolar.

Menteri Perdagangan Australia Don Farrell mengatakan bahwa dirinya akan berupaya melobi China untuk mempercepat penghapusan pembatasan terhadap barang-barang tersebut saat dia tiba di Beijing pada Kamis (11/5).

Berbicara menjelang kunjungan, Farrell mengatakan dia akan melobi untuk penyelesaian sengketa perdagangan serta meningkatkan penahanan berkelanjutan terhadap jurnalis Cheng Lei dan penulis Yang Hengjun.

"Selama kunjungan, saya akan mengadvokasi dengan kuat untuk dimulainya kembali ekspor Australia tanpa hambatan ke China – untuk semua sektor – demi kepentingan kedua negara dan untuk kepentingan eksportir dan produsen Australia," kata Farrell, seperti dikutip dari 9News.

"Saya juga akan mengangkat masalah lain yang penting bagi warga Australia," katanya.

Farrell akan menjadi menteri perdagangan Australia pertama yang mengunjungi China sejak 2019 ketika hubungan Canberra-Beijing mulai memburuk di bawah pemerintahan Morrison sebelumnya.

Pemerintah Perdana Menteri Anthony Albanese telah mendorong normalisasi hubungan dengan Beijing meskipun ada kekhawatiran tentang meningkatnya ketegasan China di kawasan Indo Pasifik.

Beijing adalah mitra dagang terbesar Canberra, nilainya mencapai 287 miliar dolar Australia (setara 195 miliar dolar AS) pada tahun 2022. rmol news logo article
EDITOR: RENI ERINA

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA