Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ukraina Ngaku Tembak Jatuh Rudal Hipersonik Rusia Pakai Patriot AS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 07 Mei 2023, 06:59 WIB
Ukraina <i>Ngaku</i> Tembak Jatuh Rudal Hipersonik Rusia Pakai Patriot AS
Sistem pertahanan udara Patriot/Net
rmol news logo Ukraina mengklaim telah menembak jatuh rudal hipersonik, Kinzhal, milik Rusia menggunakan sistem pertahanan udara yang baru diperoleh Kyiv dari Amerika Serikat (AS).

Komandan Angkatan Udara Ukraina, Mykola Oleshchuk mengatakan rudal balistik tipe Kinzhal telah dicegat dalam serangan di ibukota Ukraina, Kyiv, awal pekan ini. Itu adalah pertama kalinya Ukraina diketahui menggunakan sistem pertahanan Patriot.

"Ya, kami menembak jatuh Kinzhal yang 'unik'. Itu terjadi selama serangan malam hari pada 4 Mei di langit wilayah Kyiv," jelasnya di Telegram, seperti dikutip Associates Press, Minggu (7/5).

Oleshchuk mengatakan rudal Kh-47 diluncurkan oleh pesawat MiG-31K dari wilayah Rusia dan ditembak jatuh dengan rudal Patriot.

Kinzhal adalah salah satu senjata Rusia terbaru dan tercanggih. Militer Rusia mengatakan rudal balistik itu dapat diluncurkan dari udara, memiliki jangkauan hingga 2.000 kilometer, dan terbang dengan kecepatan 10 kali kecepatan suara, sehingga sulit untuk dicegat.

Kombinasi kecepatan hipersonik dan hulu ledak yang berat memungkinkan Kinzhal menghancurkan target yang dijaga ketat, seperti bunker bawah tanah atau terowongan gunung. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA