Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indonesia Berhasil Pulangkan 1.138 WNI Korban Penipuan Online dari Kamboja

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/hani-fatunnisa-1'>HANI FATUNNISA</a>
LAPORAN: HANI FATUNNISA
  • Jumat, 05 Mei 2023, 13:27 WIB
Indonesia Berhasil Pulangkan 1.138 WNI Korban Penipuan Online dari Kamboja
Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi selama press briefing Kemlu di Gedung Nusantara, Jakarta Pusat, pada Jumat, 5 Mei 2023/Ist
rmol news logo Selama tiga tahun terakhir, Indonesia telah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan perlindungan dan penanganan bagi WNI yang terjerat online scams atau penipuan online di Kamboja.

Dengan komunikasi dan kerja sama yang baik, antara Kementerian Luar Negeri RI dengan otoritas Kamboja, sebanyak 1.138 WNI korban online scam berhasil diselamatkan dan kembali ke Indonesia.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi selama press briefing Kemlu RI di Gedung Nusantara, Jakarta Pusat, pada Jumat (5/5).

Menlu menceritakan bagaimana tahun lalu dirinya terjun langsung melakukan pembicaraan dengan berbagai otoritas di Kamboja hingga berhasil membawa kembali ribuan WNI.

"Indonesia berhasil memulangkan 1.138 WNI korban perdagangan manusia yang dipekerjakan di online scam dari Kamboja," kata Menlu.

Selain itu, Menlu juga mengungkap keberhasilan pemerintah menyelesaikan 1.841 kasus online scams dalam tiga tahun belakangan.

"Kita memfasilitasi shelter untuk korban WNI yang berhasil dievakuasi, memberikan pendampingan hukum, konseling psikologis, sampai kepada repatriasi kembali ke Indonesia," jelas Retno.

Kasus online scams sudah menjadi masalah regional dengan korban berasal dari berbagai negara. Untuk korban Indonesia, tercatat berada di Myanmar, Kamboja, Thailand, Vietnam, Laos dan Filipina.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA