Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Yordania jadi Tuan Rumah Pembicaraan Kembalinya Suriah ke Liga Arab

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/alifia-dwi-ramandhita-1'>ALIFIA DWI RAMANDHITA</a>
LAPORAN: ALIFIA DWI RAMANDHITA
  • Senin, 01 Mei 2023, 22:14 WIB
Yordania jadi Tuan Rumah Pembicaraan Kembalinya Suriah ke Liga Arab
Ilustrasi/Net
rmol news logo Yordania menjadi tuan rumah dalam pertemuan diplomat tinggi negara Arab yang akan membahas penyelesaian konflik di Suriah dan rencana kembalinya negara itu ke Liga Arab, pada Senin (1/5).

Menurut para pejabat Yordania, seperti dikutip dari Reuters, pertemuan tersebut akan dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Suriah Faisal Mekdad dan rekan-rekannya dari Mesir, Irak dan Arab Saudi.

“Yordania mengambil inisiatifnya dengan menyerukan agar Damaskus terlibat dengan pemerintah Arab secara kolektif pada peta jalan langkah demi langkah untuk mengakhiri konflik,” ujar para pejabat.

Dalam pertemuan tersebut, para diplomat akan membahas upaya yang harus dilakukan Suriah agar dapat bergabung kembali dengan Liga Arab. Termasuk dalam menyoroti penanganan masalah pengungsi, nasib ribuan tahanan yang hilang, penyelundupan narkoba antara Suriah dan Teluk melalui Yordania dan kehadiran milisi Iran di Suriah.

Pertemuan itu terjadi dua minggu setelah pembicaraan di Jeddah, antara Dewan Kerjasama Teluk, serta Mesir, Yordania dan Irak yang gagal dalam mencapai kesepakatan tentang kemungkinan kembalinya Suriah ke pangkuan Arab.

Untuk itu, sejauh ini negara-negara Arab masih terus berusaha untuk mencapai konsensus tentang kemungkinan Suriah untuk bergabung ke dalam KTT Liga Arab pada 19 Mei mendatang di Riyadh, untuk membahas lebih lanjut terkait langkah normalisasi hubungan dengan Presiden Suriah Bashar al-Assad.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA